Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota DPRD dari Partai Tak Lolos Pemilu Harusnya Legowo Di-PAW
Oleh : Arjo
Senin | 25-02-2013 | 16:17 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Anggota DPRD dari partai yang tak lolos Pemilu 2014, apalagi yang loncat ke partai lain, harusnya legowo untuk diganti melalui pergantian antar waktu (PAW).


Demikian disampaikan Patar Sianipar, mantan Caleg Partai PDS pada Pemilu 2009 lalu, menyikapi langkah 4 anggota DPRD Bintan dari partai yang tak lolos Pemilu 2014 yang loncat dan bergabung ke Partai Demokrat

"Mereka harusnya konsekuen, kalau memilih pindah partai harus mundur dan di-PAW dengan kader yang lain," ujar Patar Sianipar kepada batamtoday di Tanjunguban, Senin (25/2/2013).

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Patriot Bintan, Khaidar, secara terpisah mempertanyakan masalah Agus Rianto, salah satu kadernya yang saat ini duduk di DPRD Bintan dan sudah dinyatakan Ketua DPD Demokrat Kepri, Apri Sujadi, akan mencalonkan diri melalui partai tersebut.

Sejauh ini, kata Khaidar, Agus Rianto masih berstatus sebagai anggota dan kader Partai Patriot (PP) Bintan. "Dia (Agus Rianto) masih anggota (Partai Patriot-red)," katanya dari balik telepon. 

Sebaliknya, Darwin, peraih suara terbanyak kedua Dapil I Bintan atau di bawah Agus Rianto, menyatakam dirinya belum mengetahui secara persis, terkait adanya pernyataan dari Demokrat yang mengatakan bahwa kader PP tersebut sudah mendaftarakan diri untuk mencalonkan sebagai caleg dari Demokrat untuk Pemilu Legeslatif 2014 mendatang.

Dikatakan Darwin, masalah nantinya ada Penganti Antar Waktu (PAW) atau tidak, Darwin mengatakan dirinya menunggu keputusan partai. 

"Saya belum mengetahui persis, selain itu mekanismenya tergantung dari partai. Kita sifatnya hanya bisa menunggu," ujarnya.

Editor: Dodo