Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Film Zero Dark Thirty Tuai Kritik
Oleh : Dodo
Senin | 25-02-2013 | 10:31 WIB

WASHINGTON, batamtoday - Film Zero Dark Thirty mendapatkan kritik dari keluarga korban serangan 11 September karena menggunakan rekaman percakapan telepon terakhir seorang kru pesawat yang tewas dalam peristiwa tersebut.

Zero Dark Thirty menampilkan suara Betty Ann Ong, yang berada di salah satu pesawat yang menabrak gedung World Trade Center.

Film yang menjadi nominasi Oscar ini, menceritakan tentang perburuan dan pembunuhan Osama Bin Laden. Penulis naskah Mark Boal mengatakan kepada harian tersebut, Ong merupakan "pahlawan nasional".

Ong, seorang kru pesawat American Airlines Penerbangan 11, melakukan percakapan telepon selama 23 menit dari pesawat dengan pihak otoritas untuk memberikan rincian pembajakan.

Dia merupakan salah satu korban yang suaranya didengarkan dalam sebuah adegan awal film Zero Dark Thirty. Saudara laki-lakinya mengatakan potongan suara itu digunakan tanpa ijin.

"Saya pikir itu menyakitkan hati, dan keputusan yang buruk, serta penyalahgunaan suara," kata Ong kepada New York Times.
Permohonan maaf

Dia meminta pembuat film untuk menyampaikan permohonan maaf dalam ajang Piala Oscar jika film itu memenangi salah satu kategori.

Film ini mendapatkan lima nominasi dalam ajang piala Oscar tahun ini.

Dia juga meminta pembuat film untuk mendonasikan dana ke yayasan yang menggunakan nama Ong, termasuk penghargaan bagi Betty Ong, dan menampilkan pernyataannya dalam situs dan DVD yang menjelaskan bahwa keluarga Ong tidak mendukung penyiksaan, yang digambarkan dalam film tersebut.

Mark Boal mengatakan kepada harian tersebut: "Komisi 9/11 memproklamirkan, tanpa keraguan Betty Ong merupakan pahlawan nasional kami."

Dalam sebuah pernyataan, Sony studio dan Annapurna Pictures mengatakan Boal dan sutradara Kathryn Bigelow telah menghubungi keluarga korban sejak film tersebut diluncurkan dan juga menggelar acara nonton bersama sejumlah keluarga korban.

"Zero Dark Thirty, merupakan penghargaan bagi mereka yang terkena dampak serangan," seperti disampaikan pernyataan tersebut.

Dalam situs resmi Zero Dark Thirty juga telah mencantukan link situs Yayasan Betty Ong, organisasi Voices of September 11th Organization dan situs mengenang 9/11.

Film itu telah memicu kontroversi sejak diluncurkan, termasuk masalah penggambaran penyiksaan, dan kaitan antara pembuat film dengan CIA, serta apakah merupakan bentuk propaganda bagi presiden Obama yang terpilih kembali.

Sumber: BBC