Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berhala Milik Lingga

Kamaruddin Dukung Pembentukan Kabupaten Singkep Terpisah dari Lingga
Oleh : si
Minggu | 24-02-2013 | 10:00 WIB
Sekda-Lingga-1.jpg Honda-Batam
Kamaruddin, saat dilantik sebagai Sekretaris Daerah Lingga

JAKARTA, batamtoday - Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Kamaruddin, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga meminta pembentukan Kecamatan Singkep Selatan segera direalisasikan, paska putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan Pulau Berhala milik Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

 
Kecamatan tersebut, nantinya akan masuk bagian daerah otonom baru Kabupaten Kepulauan Singkep terpisah dari Kabupaten Lingga selaku kabupaten induknya

"Untuk meningkatkan pembangunan di Pulau Berhala segera lakukan pemekaran Kecamatan Singkep Selatan. Dengan dikabulkan MK, sekarang bisa dilaksanakan," kata Kamaruddin di Jakarta akhir pekan ini.

Kamaruddin menegaskan, dukungan pemekaran Kecamatan Singkep Selatan dan pembentukan Kabupaten Singkep adalah bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat Pulau Berhala, yang selama ini terabaikan akibat adanya klaim dari Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, yang secara administratif masuk bagian wilayah Lingga, Kepri.

"Kita akan terus menganggarkan pembangunan di Pulau Berhala di APBD. Makanya untuk meningkatkan pembangunan, kita mendukung pemekaran kecamatan dan wilayah," katanya.

Seperti diketahui, pada April 2011 lalu telah terbentuk Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kepulauan Singkep (BPP2KS). Usulan pembentukan Kabupaten Singkep ini telah disampaikan ke DPRD Lingga dan mendapat sambutan positif, serta mendukung pembentukan kabupaten Singkep terpisah dari Lingga.

Kabupaten Singkep nantinya akan memiliki lima kecamatan, yang saat ini baru empat kecamatan. Yakni Kecamatan Singkep, Kecamatan Singkep Barat, Kecamatan Pesisir dan Kecamatan Singkep Selatan.

Sedangkan satu kecamatan lagi, yakni  Singkep Kepulauan yang terdiri dari Bakong dan Posek ini dalam proses pemekaran. Pembentukan Kecamatan Singkep Kepulauan dari Singkep Kepualaun selama ini terkendala soal sengketa Pulau Berhala.

Namun, dengan putusan MK dan restu dari Sekda Lingga Kamaruddin agar pembentukan Kecamatan Singkep Kepulauan bisa segera direalisasikan sehingga lima kecamatan sebagai syarat pembentukan Kabupaten Kepulauan Singkep terpenuhi.

Editor: Surya