Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabupaten Kepulauan Anambas Segera Bentuk PMI
Oleh : Emmi Wati
Kamis | 21-02-2013 | 15:27 WIB
anambas-kadinkes.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Said Moh Damie, Kepala Dinas Kesehatan KKA. (Foto: Emmi/btd)

ANAMBAS, batamtoday - Untuk menyediakan bank darah di Kabupaten Kepulauan Anambas, sudah seharusnya Palang Merah Indonesia(PMI) dibentuk.

Hal ini terungkap ketika Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas mengirimkan 7 orang tenaga sukarelawan untuk diikut sertakan dalam pelatihan Satuan Siaga Bencana (Satgana) di Bintan Plaza, Rabu (20/2/2013) kemarin.

"Kita belum memiliki PMI, saya berinisiatif mengirimkan satu orang sebagai peninjau dalam acara Rapat Kerja (Raker) yang digelar PMI Kepri di Tanjungpinang," kata Said Moh Damie, Kepala Dinas Kesehatan KKA kepada wartawan, Kamis (21/2/2013).

Said juga menambahkan, pelatihan Satgana tersebut agar tim dari kesehatan dapat mengerti tugas dan fungsinya jika terjadi bencana. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 10 hari dan dirinya berharap dari pelatihan tim sukarelawan dapat memahami kondisi dan tata cara kerja jika dalam situasi bencana.

" 7 orang relawan yang kita kirimkan akan dilatih 10 hari di Bintan Plaza. Dlam pelatihan yang digelar oleh PMI itu akan lebih memahami situasi dilapangan jika terjadi bencana, jadi para Satgana tidak bisa panik jika dalam menghadapi situasi apapun," ujarnya.

Said juga mengaku jika selama ini kewalahan jika ada pasien yang membuthkan darah karena Rumah Sakit Lapangan Palmatak belum memiliki bank darah.

"Kadang, jika ada pasien yang membutuhkan darah kita terpaksa mencari pendonor darah terhadap keluarga pasien atau masyarakat. Setelah dilakukan pencocokan darah atau pemeriksaan sampel baru darahnya ditranfusi kepada pasien," ujarnya.

PMI Provinsi Kepri, kata Said telah mengirimkan surat mandat agar pembentukan PMI Kabupaten Kepulauan Anambas segera dibentuk. Surat tersebut langsung diserahkan kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Surat percepatan pembentukan PMI sudah ada di meja pak Bupati, kita tinggal menunggu arahan siapa nanti yang membentuk PMI Anambas," katanya.

Editor: Dodo