Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ingin Ikut Pemilu

Empat Parpol Tak Lolos Gabung ke PAN
Oleh : si
Rabu | 13-02-2013 | 13:53 WIB

JAKARTA, batamtoday - Empat partai politik (parpol) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2014 bergabung dengan Partai Amanat Nasional.



Keempat partai itu, yakni Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Bintang Reformasi (PBR), PNBK dan Partai Matahari Bangsa (PMB).

Ketua Bappilu PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, PDS dan PBR sudah bergabung, sementara PNBK dan PMB menyusul dalam waktu dekat.

"PDS dan PBR sudah bergabung. Bahkan PBR juga sudah menggabungkan diri ke PAN secara struktural, di semua tingkatan  dari pusat sampai daerah. PNBK dan PMB segera bergabung," kata Viva Yoga Mauladi di Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Menurut Viva, keempat parpol itu tetap ingin menyalurkan aspirasinya meski gagal menjadi peserta Pemilu 2014 karena memiliki visi yang sama dengan PAN dalam membangun Indonesia. 

"Keempat partai tersebut memiliki kesamaan visi dengan PAN. Karena tetap ingin menyalurkan aspirasinya, mereka memilih PAN, sementara partainya tidak lolos menjadi peserta pemilu," katanya.

Viva menambahkan, sebagai parpol nasional, PAN berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sehingga tidak membeda-bedakan agama, suku dan etnis.

"Wajar bila PDS, PBR, PNBK dan PMB memilih bergabung dengan PAN karena memiliki moral politik yang membawa rahmat bagi seluruh alam, PAN tidak membedakan agama, suku, etnis, budaya atau jenis kelamin," katanya.