Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Samba dan Parade Meriahkan Karnaval Rio
Oleh : dd
Minggu | 10-02-2013 | 15:44 WIB
rio_carnival.jpg Honda-Batam
Karnaval Rio. (Foto: gobrazil.com)

RIO DE JANEIRO, batamtoday - Karnaval di Rio tahun ini menjadi ujian bagi infrastruktur kota menjelang Piala Dunia 2014.

Karnaval paling terkenal di dunia Karnaval Rio de Janeiro, Brasil, telah resmi dibuka, antara lain menampilkan lebih dari satu 700 parade dan kompetisi samba.

Secara resmi upacara pembukaan diadakan Jumat malam (08/02) waktu setempat di tengah kostum warna warni aneka bentuk. Karnaval tahunan ini berlangsung selama lima hari.

Sekolah tari samba yang mengawali festival adalah Unidos do Jacarezinho. Kelompok tari samba itu menampilkan kebolehan di hadapan penonton melewati Sambodrome.

Lagu yang ditampilkan mengambil tema penghormatan kepada penyanyi samba terkenal, Jamelao, yang lahir tepat 100 tahun lalu.

Setiap sekolah samba diberi waktu 90 menit untuk berparade di sepanjang Sambodrome. Juri menilai sisi koreografi, nyanyian dan kostum.

Dinas Pariwisata Rio de Janeiro memperkirakan jumlah pengunjung karnaval diperkirakan mencapai 1,1 juta orang, baik pengunjung dalam negeri maupun luar negeri.

Pengunjung diperkirakan akan menyuntikkan sekitar US$650 juta ke perekonomian setempat. Dari tahun ke tahun jumlah pengunjung tercatat meningkat.

Wartawan BBC di Rio de Janeiro, Julia Carneiro, melaporkan karnaval tahun ini menjadi ujian penting bagi infrastruktur kota menjelang pelaksanaan pesta olahraga besar di masa depan, Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Sumber: BBC.