Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mudik Imlek, Arus Penumpang di Hang Nadim Melonjak
Oleh : ali/dd
Sabtu | 09-02-2013 | 14:39 WIB
mudik-imlek-hn.jpg Honda-Batam
Penumpang berjejal di lobi keberangkatan Bandara Hang Nadim. (Foto: Ali/btd).

BATAM, batamtoday - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek pada Minggu (10/2/2013), Bandara Hang Nadim Batam mengalami lonjakan penumpang hingga 12 persen dari hari biasanya

"Beberapa hari menjelang hari imlek ini, belum bisa kita prediksikan dengan pasti. Tapi, dari pantauan kita, rata-rata lonjakan jumlah penumpang berkisar antara 8 hingga 12 persen," ujar Suwarso, Kabag Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (9/2/2013).

Tambahnya, para calon penumpang yang berangkat maupun di kedatangan banyak yang menuju ke Jakarta sebelum menuju kota berikutnya.

"Seperti tujuan ke Pontianak, dari pantauan yang kita lakukan selama beberapa hari, calon penumpang banyak yang memilih ke Jakarta akhirnya menuju Pontianak," katanya kembali.

Bahkan dari pantauan pihak bandara, beberapa maskapai juga mengalami kenaikan jumlah penumpang yang signifikan, seperti maskapai Citilink, serta Lion Air.

Sementara itu, Distrik Manager Citilink, R Hendra JS menyampaikan, hampir semua rute dari Batam ke beberapa daerah di tanah air telah penuh dipesan calon penumpang sejak satu minggu sebelum berangkat.

"Lonjakan penumpang saat ini hingga 100% pada maskapai kami.  Beberapa rute yang kami miliki dari Batam hampir semua terisi hingga satu minggu ke depan," ujarnya.

Diantaranya rute Citiliink dari Batam yakni, Batam menuju Surabaya, Batam ke Jakarta, Batam ke Padang, serta Batam ke Medan dengan harga yang ditawarkan  mulai dari Rp400 hingga Rp800 ribu.

Hal serupa juga dialami maskapai Sriwijaya. Yudi, Distrik Manager Sriwijaya Air Bandara Hang Nadim yang menyebutkan, lonjakan penumpang saat ini di beberapa rute tujuan yang dilayani oleh maskapai ini mengalami peningkatan.

"Maklum lah, kan akhir pekan jadi cenderung padat," katanya.

Rute tujuan dari Batam yang mengalami lonjakan penumpang diantaranya Batam tujuan Pekanbaru, Batam ke Jambi, serta Batam ke Medan dengan persentase lonjakan penumpang mencapai 90%.