Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Serahkan DP4 ke KPU Tanjungpinang
Oleh : chr/dd
Kamis | 07-02-2013 | 17:34 WIB
lis-dp4.jpg Honda-Batam
Lis Daramansyah menyerahkan DP4 kepada Ketua KPU Tanjungpinang, Hamid Ali.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Daftar Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kota Tanjungpinang diserahkan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah kepada KPUD Tanjungpinang, Kamis (7/2/2013).

Pelaksanaan penyerahan data DP4 ke KPU ini, merupakan rangkaian kegiatan pelaksanaan tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 di Tanjungpinang.

Lis mengatakan pelaksanaan DP4 ini merupakan upaya maksimal dari Pemerintah Pusat yang memerintahkan seluruh kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menyerahkan data dan sekaligus menyempurnakan serta melengkapi database kependudukan kabupaten/kota.

"DP4 ini merupakan hasil pelayanan harian pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan tujuan agar semua tambahan dan pengurangan penduduk di suatu daerah akibat terjadinya LAMPID (Lahir, Mati, Pindah, Datang) tercatat dalam database kependudukan," kata Lis membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga melakukan pembersihan data ganda sebanyak empat kali, dengan memanfaatkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan hasil perekaman e-KTP, sebagaimana yang tertuang dalam surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 470/3264/SJ tanggal 29 Agustus 2012 perihal petunjuk penyiapan data kependudukan untuk Pemilu 2014.  

"Dengan telah dilaksanakan penyerahan DP4 ini dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, KPU sudah dapat memproses lebih lanjut tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan Data Pemilih Sementara (DPS) dan sampai dengan penetapan Data Pemilih Tetap (DPT)," kata Lis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tanjungpinang, Pamri mengatakan, pemerintah melalui pihaknya telah menyediakan data yang menjadi dasar bagi seluruh sektor terkait dalam penyelenggaraan setiap kegiatan pemerintahan termasuk Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta kemasyarakatan.