Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apindo Bintan Belum Keluar dari Tripartit
Oleh : hrj/dd
Rabu | 06-02-2013 | 15:46 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Apindo Bintan belum menyatakan diri keluar dari tripartit seiring dengan adanya wacana dari induk organisasi itu lantaran merasa ditinggalkan dalam penentuan UMK.

"Belum ada pernyataan dari Apindo Bintan soal akan menarik diri,” ujar kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan, Hasfarizal Handra, Rabu (6/2/2013).

Hasfarizal menerangkan sejauh ini pihak Apindo Bintan juga belum menunjuk nama-nama yang akan mewakili di Dewan Pengupahan. Meskipun demikian, Apindo juga belum menyatakan keluar baik secara resmi maupun secara lisan.

Terkait wacana Apindo Pusat yang ingin menarik anggotanya dari lembaga tersebut, Hasfarizal, belum dapat memberikan keterangan. Menurutnya, masalah ini akan dibicarakan oleh pihak pimpinan untuk mencari solusi jika wacana tersebut benar-benar terjadi.

Dia berharap Apindo tetap berada dalam lembaga Tripartit dan Dewan Pengupahan Bintan. Menurutnya, persoalan tersebut berawal dari sikap Apindo yang merasa ditinggalkan dalam pembahasan UMK.

Ia berharap hubungan perwakilan pemerintah, serikat pekerja/buruh dan Apindo kembali bersinergi. “Kami maklumi kalau Apindo merasa kecewa,” katanya.

Seperti disampaikan sebelumnya, oleh ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi mengaku serius keluar dari Tripartit dan Dewan Pengupahan. Alasannya mereka kecawa, soal pengupahan itu tiba-tiba ada penambahan 24 item jadi 60 item tanpa kita ketahui dalam rapat di Dewan Pengupahan Nasional. Selain itu, mereka menilai keberadaan Apindo di lembaga tersebut, merasa ditinggalkan.