Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Jamin DP4 Sudah Bersih dari Data Ganda
Oleh : si
Selasa | 05-02-2013 | 19:39 WIB
Gamawan 1.jpg Honda-Batam

Mendagri Gamawan Fauzi

JAKARTA, batamtoday - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) optimistis masalah pemilih ganda dalam Pemilu 2014 dapat terselesaikan. Hal ini karena Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) telah "dibersihkan" dari hal-hal yang sifatnya ganda.



"Perlu saya tegaskan kembali bahwa DP4 sudah kita 'bersihkan' sampai tiga kali. Dan kami sudah terus berkoordinasi dengan daerah, dalam upaya mencegah identitas ganda," kata Mendagri Gamawan Fauzi usai membuka Rakornas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tahun 2013 di Hotel Golden Boutique, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Menurut Gamawan, upaya pembersihan tersebut relatif tidak sulit, karena ada sistem kontrol berupa sidik jari dan iris mata. Dalam perjalanan perekaman data e-KTP, menurut Gamawan sudah terdeteksi banyak yang gagal saat berupaya membuat KTP ganda.

"Jadi dapat saya katakan, yang ingin menggandakan identitas dirinya akan sulit. Dan Pemilu 2014 kami harapkan dapat aman dari praktek penggandaan identitas. Namun kami juga tetap terus membuka masukan dari rakyat soal adanya identitas yang ganda," kata Gamawan.