Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Subkon ConocoPhillips akan Demo Tuntut Kenaikan Gaji
Oleh : emmi/dd
Rabu | 30-01-2013 | 17:10 WIB
anambas-kadisnaker.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Anambas, Herdi Usman.

ANAMBAS, batamtoday - Ratusan karyawan PT Supraco, perusahaan sub kontraktor ConocoPhillips berencana akan melakukan demo, Jumat (1/2/2013) lusa, menuntut kenaikan Upah Minimum Sektoral (UMS) dari Rp1.609.650 menjadi Rp4 juta.

"Karyawan Supraco merupakan subcon PT ConocoPhilips tersebut hingga saat ini masih kita upayakan untuk negosiasi agar menunda aksinya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Anambas, Herdi Usman, Rabu (30/1/2013).

Herdi menambahkan, ratusan karyawan PT Supraco tersebut menuntut 7 poin, diantaranya kenaikan tunjangan, status karyawan yang lama agar menjadi permanen, karyawan harian menjadi karyawan kontrak perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), kenaikan UMS 2013 menjadi Rp4 juta dan lainnya.

"Kalau mengenai kenaikan upah itu akan tetap naik, namun hingga saat ini belum ada rapat dewan pengupahan untuk menentukan nominalnya. Namun kenaikan itu pasti akan tetap terjadi tapi harus melalui rapat dewan pengupahan," ujarnya.

Rapat dewan pengupahan, kata Herdi direncanakan pada Feberuari mendatang, terjadinya keterlambatan karena adanya perubahan dari BP Migas menjadi SKK Migas.

"Pihak ConocoPhilips yang meminta agar rapat dewan pengupahan ditunda karena ada perubahan di BP Migas. Jika dalam rapat dewan pengupahan nanti diputuskan nominalnya maka akan berlaku sejak Januari 2013 dan akan dibayarkan kepada karyawan secara rapel," kata Herdi.

Disnaker Kabupaten Kepulauan Anambas sudah melakukan pendekatan dengan pihak PT Suparaco dan PT ConocoPhilips dan bersedia memenuhi beberapa tuntutan yang pernah diajukan oleh karyawan.

"Memang karyawan meminta agar harian lepas menjadi kontrak, tapi perusahaan hanya bersedia menerima sekitar 50 persen tapi sisanya akan diputus. Kita sudah coba beberapa kali mengadakan pertemuan dengan perusahaan dan dari 200 pekerja harian lepas, perusahaan hanya bersedia menerima kontrak 150 orang jadi 200 orang lagi gimana itulah yang kita pertimbangkan. Selain itu pihak perusahaan juga bersedia mengadakan Jamsostek dan JHT walaupun pekerja harian lepas," katanya.

Sementara Polres Natuna telah mempersiapkan 2 pleton personil ditambah 2/3 kekuatan setiap Polsek di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangka pengamanan di ConocoPhilips, Jumat(1/2/2013) depan.

"Untuk pengamanan rencana demo karyawan PT Supraco, kita telah siapkan 2 pleton personil dari Polres Natuna dibantu tiga Polsek yang ada di Anambas," kata Kapolres Natuna AKBP Anton Setiawan.