Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pileg 2014, 7 Partai akan Kehilangan Kursi di DPRD Anambas
Oleh : emmi/dd
Selasa | 29-01-2013 | 14:00 WIB

ANAMBAS, batamtoday - 7 partai politik yang mengusung 10 anggota DPRD Anambas akan kehilangan kursi didewan pada pemilihan legislatif mendatang. Pasalnya ke-7 partai tersebut tidak lolos sebagai partai peserta pemilu 2014.

"Secara otomatis 7 partai akan kehilangan kursi di DPRD Anambas .Diantaranya, PPB kursi 3 anggota DPRD,PBR 2 kursi,Partai Pakar Pangan 1 kursi,PKPB 1 kursi, PDK 1 kursi,PKNU 1 kursi dan PIB 1 kursi,"ujar Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Marzuki,  Selasa (29/1/2013).

Marzuki menambahkan, 10 anggota DPRD yang diusung oleh partai yang tidak lolos sebagai peserta pemilu 2014 jika mencalonkan diri kembali harus mencari partai lain yang telah lolos.

"Jika anggota DPRD yang duduk sekarang mencalonkan diri lagi harus melalui partai yang lolos. Namun KPU akan melihat calon tersebut tidak boleh memiliki lebih dari KTA partai," katanya.

Ketika disinggung mengenai kedudukan anggota DPRD jika mencalonkan kembali namun harus pindah partai maka anggota DPRD tersebut harus mengundurkan diri dari partai sebelumnya.

"Anggota DPRD yang duduk dari partai yang tidak lolos Pemilu 2014 seharusnya mengundurkan diri dulu, namun jika tidak maka KPU akan memverfikasi kembali kepada partai yang bersangkutan karena KPU tidak akan menerima pendaftaran bakal calon jika memiliki 2 KTA partai," katanya.

Pengumuman bakal calon, kata Marzuki akan dimulai 6 sampai 8 April 2013 mendatang dan pendaftaran bakal calon tanggal 9 sampai 15 April 2013 nanti.

"Nanti saat pendaftaran bakal calon terakhir diterima oleh KPU tanggal 15 April 2013 paling lama pukul 00.00 WIB. Nanti akan kita lihat bakal calon yang mendaftar dan akan kita umumkan," katanya.

Menurut Marzuki, parpol peserta Pemilu 2014 yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang adalah Partai Demokrat, Golkar, PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional,Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Kebangkitan Bangsa, Gerindra, Hanura dan Partai Nasdem.