Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masuk Pihak Ketiga, Buruh Siapkan Data dan Lakukan Tekanan
Oleh : kli/dd
Selasa | 29-01-2013 | 13:23 WIB

BATAM, batamtoday - Ketiga serikat pekerja Batam, yakni FSPMI, KSPSI, dan KSBSI yang menyatakan diri masuk sebagai pihak ketiga dalam gugatan UMK Batam 2013 di PTUN Sekupang akan mempersiapan data-data yang diperlukan dan juga lakukan berbagai tekanan.

Yoni Mulyo Widodo, satu diantara tiga perwakilan serikat buruh mengatakan kesiapan mereka menjadi pihak ketiga dalam gugatan UMK Batam 2013 tersebut. Sebab, UMK tersebut berkaitan atau berhubungan langsung dengan nasib buruh.

"Kami masuk jadi pihak ketiga. Data-data yang dibutuhkan akan kami persiapakan, sebab DPK yang melakukan pembahasan UMK itu mempunyai data dan fakta konkrit terkait UMK ini," katanya, Selasa (29/1/2013).

Adapun persiapan lain yang akan dipersiapkan buruh, kata Yoni akan melakukan tekanan jika persidangan sudah tak sesuai prosedur atau memberatkan pihak tergugat.

"Kami sudah rancang mogok besar-besar, yang biasa kami sebut dengan Modar (mogok daerah)," ujarnya.

Selama ini, kata Yoni pengusaha tidak melakukan pengupahan sesuai dengan sektoral yang sudah ditentukan. Termasuk sektoral dalam perhotelan selama ini tak pernah berjalan.

"Buruh siap memperjuangkan UMK Batam yang digugat ini," tegasnya.