Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNN Dalami Peran Wanda, PAN Siap Coret Raffi dari Daftar Caleg
Oleh : si
Minggu | 27-01-2013 | 17:07 WIB
wanda-hamidah.jpg Honda-Batam

Wanda Hamida

JAKARTA, batamtoday - Keterlibatan politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Wanda Hamidah, dalam pesta narkoba di rumah Raffi Ahmad, masih didalami.


Wanda yang kini menjadi Anggota DPRD DKI itu turut ditangkap dalam penggerebekan di kediaman Raffi Ahmad, Minggu pagi tadi.

"Ada 17 orang, ada beberapa artis diantaranya Wanda Hamidah, Irwansyah beserta istrinya dan beberapa orang lainnya teman artis," ujar Kepala BNN Komjen Anang Iskandar di Jakarta, Minggu (27/1/2013)

Namun, Anang mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman atas peran Wanda Hamidah. Selain itu, Anang menegaskan, pihaknya juga belum menetapkan status ke-17 orang yang diamankan BNN.

Pihaknya tengah menunggu hasil tes urine dari laboratorium BNN untuk memastikan apakah mereka yang diamankan mengonsumsi narkotika atau tidak. "Pemeriksaan laboratorium juga sedang dilaksanakan. Kemungkinan satu jam lagi nanti seluruhnya akan diketahui," lanjutnya.

Anang melanjutkan, Wanda serta 16 orang lain ditangkap di kediaman Raffi Ahmad di daerah Gunung Balong RT 09 RW 04, Karang, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Di rumah tersebut, BNN mengamankan sebanyak 17 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Empat diantaranya diketahui Raffi Ahmad, Irwansyah, Zaskia Sungkar dan Wanda Hamidah. Adapun 13 lainnya belum diketahui identitasnya.

Dari rumah Raffi, petugas BNN menyita sejumlah barang bukti narkotika, yakni dua linting ganja serta beberapa butir pil MDMA, yakni bahan pembuat ekstasi yang telah dicampur ke dalam minuman bersoda.

Secara terpisah, Ketua DPP PAN Bidang Komunikasi Politik Bima Arya Sugiarto mengatakan, PAN pihaknya masih menghimpun informasi mengenai hal tersebut. Namun, menurut informasi yang didapatkan, kata Bima, Wanda baru bertandang ke rumah Raffi pada Minggu pagi.

"Informasi yang kami dapat, Wanda sedang menginap dengan teman-temannya di rumahnya. Baru pagi-pagi datang ke rumah Raffi dengan teman-temannya itu," kata Bima, Minggu sore.

Informasi yang kami dapat, Wanda sedang menginap dengan teman-temannya di rumahnya. Baru pagi-pagi datang ke rumah Raffi dengan teman-temannya itu. 

Ketika ditanya, dalam rangka apa Wanda mendatangi rumah Raffi, Bima mengaku masih mencoba menngonfirmasi informasi tersebut. Apakah sikap PAN atas peristiwa ini? "Kami perlu mengumpulkan informasi dulu," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PAN Drajad Wibowo menegaskan, PAN akan mencoret pencalonan Raffi Ahmad sebagai salah salah satu bakal calon legislatifnya. Jika memang tersangkut kasus narkoba, PAN akan menyingkirkan Raffi Ahmad.

"Apabila benar RA memang ditangkap BNN karena kasus narkoba, saya pastikan yang bersangkutan langsung dicoret rencana pencalegannya. Semudah itu. Tidak ada toleransi bagi bacaleg, apalagi caleg terkena narkoba. Sesederhana itu. Tidak ada toleransi," ujar Wakil Ketum PAN Drajad H Wibowo.

Drajad mengatakan, hingga kini belum mengetahui kepastian penangkapan Raffi. "Saya belum tahu apa Raffi Ahmad termasuk yang ditangkap. Yang bersangkutan memang sudah masuk daftar untuk jadi caleg PAN, tapi Daftar Caleg Sementara (DCS) PAN belum final," tegasnya.

Drajad menjelaskan, status DCS final kalau sudah disetujui oleh Ketua Umum Hatta Rajasa dan Ketua MPP Amien Rais.