Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada, Potensi Ketinggian Gelombang di Kepri Capai 5 Meter
Oleh : ali/dd
Selasa | 22-01-2013 | 17:48 WIB

BATAM, batamtoday - Potensi gelombang di wilayah Kepulauan Riau masih mencapai 5 meter dengan kecepatan angin mencapai 40 km/jam, pada musing angin utara yang terjadi saat ini. Selain itu, wilayah Kepri yang dikelilingi laut yang berpotensi menimbulkan curah hujan tinggi.

"Karena posisi matahari saat ini berada dis ebelah selatan khatulistiwa sehingga menyebabkan tekanan udara di sebelah utara katulistiwa lebih besar dari sebelah selatan," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam melalui Kasi Data dan Informasi Tri Agus, Selasa (22/1/2013).

Posisi Batam dan Kepri yang dikelilingi laut memiliki potensi penguapan yang terjadi oleh sinar matahari sehingga  menimbulkan awan gelap yang disertai hujan.

"Selain itu, pola angin belokan (shearline) berpotensi menimbulkan banyak awan di wilayah Kepri. Dan kondisi udara atas yang labih dengan kelemban udara semakin tinggi semakin mendukung proses pertumbuhan banyak awan di wilayah Kepri," katanya.

Diprediksi, angin utara yang terjadi mulai sejak bulan Desember hingga awal Maret mendatang dengan kecepatan angin mencapai 40 kilometer/jam dan juga berdampak dengan tingginya gelombang di sejumlah perairan di Kepri.

"Kecepatan berdampak pada pergerakan ombak," ujarnya.

Prediksi BMKG Hang Nadim Batam pada Rabu (23/1/) diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang yang terkadang disertai dengan petir. Namun untuk aktivitas transportasi darat dan udara masih kondusif.

"Sedangkan untuk aktivitas lautan dihimbau agar berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi dan arus laut yang kencang," himbaunya.

Untuk wilayah Batam, kecepatan angin 5-32 km/jam, dengan ketnggian gelombang 1 - 2,5 meter, arus laut berkecepatan 25 cm/s dan suhu udara berkisar 24-31 derajat celcius.

Daerah Karimun, kecepatan angin 5-30 km/jam, suhu udara berkisar 24-30 derajat celcius, tinggi gelombang 0,8-2 meter, arus laut berkecepatan 15 cm/s.

Daerah Tanjunginang/Bintan, kecepatan angin 5-30 km/jam, tinggi gelombang 1-3 meter, arus laut berkecepatan 50 cm/s, dan suhu udara berkisar 24-31 derajat celcius.

Lingga, kecepatan angin mencapai 5-30 km/jam, dengan suhu udara berkisar 24-31 derajat celcius, dan tinggi gelombang 1,8-3,5 meter, serta arus laut berkecepatan 50 cm/s.

Anambas, kecepatan angin mencapai 5-40 km/jam, suhu udara berkisar 22-32, tinggi gelombang 1,2-4 meter, arus laut berkecepatan 25 cm/s.

Natuna, kecepatan angin mencapai 5-40 km/jam, suhu udara berkisar 24-32, tinggi gelombang mencapai 1,2-4 meter, arus laut berkecepatan 70 cm/s.