Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadwal Pelayaran di Pelabuhan Sekupang Belum Terpengaruh Cuaca Buruk
Oleh : irw/dd
Sabtu | 19-01-2013 | 15:00 WIB
erwin-syahbandar.gif Honda-Batam
Erwin Sjafriza, Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang.

BATAM, batamtoday - Cuaca di Batam yang tak menentu, tidak membuat jadwal keberangkatan kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang terganggu dan tetap berjalan lancar.

Erwin Sjafriza, Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang mengatakan kalau saaat ini gelombang laut saat kuat, terkadang cuaca hujan tapi di laut ternyata ombak tenang

"kalaupun ada yang tertunda paling sekitar setengah jam, tapi untuk hari ini tidak ada penundaan dan penumpukan penumpang," ujar Erwin, Sabtu (19/1/2013).

Misalnya keberangkatan kapal Tanjunbalai Karimun tidak dilakukan penundaan, disebabkan infomasi yang diterima pihak Syahbandar di daerah tersebut cuacanya sangat cerah. Apabila cuaca tidak baik, pihak Syahbandar tidak memberikan toleransi kepada kapal untuk berlayar demi keselamatan penumpang dan kapal.

"Sebelumnya kita juga sudah komunikasikan ke operator-operator kapal untuk melengkapi alat-alat keselamatannya. Kalau memang ternyata tidak lengkap, kita juga tidak akan memberi izin berlayar," kata Erwin

Sementara itu, kuantitas penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang kini mengalami penurunan dikarenakan telah dibuka pelayaran baru di Pelabuhan Harbourbay seperti tujuan Tanjungbalai Karimun, Tanjung Batu, Dumai dan Tembilahan.

"Saat ini yang terdata penumpang tujuan Tanjungbalai Karimun mengalami penurunan sekitar 30 persen setelah dibukanya pelabuhan di Harbourbay," kata Erwin.