Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2012, Ada Sembilan Proyek di Batam yang Gagal
Oleh : ron/dd
Kamis | 17-01-2013 | 16:28 WIB
sembako-bodong.gif Honda-Batam
Bantuan sembako bagi panti asuhan, salah satu proyek Pemko Batam yang gagal.

BATAM, batamtoday - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Agussahiman mengatakan ada sembilan proyek yang gagal pada 2012 ini. Seluruh kontraktor masuk ke dalam daftar hitam dan tidak boleh mengikuti tender proyek lagi.

Proyek yang tidak selesai dikerjakan yakni pembangunan gedung SD, pembangunan Posyandu, pagar tengah kota dan bantuan sembako terhadap panti asuhan.

"Kontraktor yang tidak menyelesaikan pengerjaan dengan tepat waktu di blacklist dan tidak bisa ikut lelang," ujar Agussahiman kepada wartawan, Kamis (17/1/2013).

Pada tahun 2012 lalu, ada sembilan proyek yang gagal. Sehingga SKPD terkait sudah langsung memutuskan kontrak dengan perusahaan kontraktor masing-masing.

"Tindak lanjutnya macam-macam, sudah ada yang putus kontrak. Lebih jelasnya langsung tanya ke dinas terkait saja, seperti ke Distako, Dinas Kesehatan, Dinas Kebersihan, dan Dinsos," ujarnya.

Selanjutnya, agar tidak terjadi lagi proyek gagal di tahun ini, maka seluruh kontraktor yang mengikuti lelang kedepan akan dievaluasi secara selektif.

"Selama mengikuti mekanisme lelang hingga pelaksanaan kegiatan akan dinilai kontraktornya agar hasilnya bisa maksimal," kata dia.