Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

CCtv Tak Menjamin Rutan Aman
Oleh : hz/dd
Kamis | 17-01-2013 | 12:38 WIB
deni-sidak-rytan.gif Honda-Batam
Wamenkumham Denny Indrayana usai melakukan inspeksi mendadak di Batam.

BATAM, batamtoday - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Denny Indrayana melakukan inspeksi mendadak di Batam, Rabu (16/1/2013). Salah satu tempat yang dikunjungi dalam sidak itu adalah Rutan Baloi Klas II A Batam.

Kepala Rutan Baloi Klas II A Batam, Anak Agung Gde Khrisna mengatakan dalam kunjungan Wamenkumham kemarin untuk melihat kondisi rutan, meliputi daya tampung dan sistem pengamanan.

"Pak Wamen datang ketika kita sedang melaksanakan apel sore, tiba-tiba saja dia muncul tanpa sepengetahuan kita," ujar Agung kepada batamtoday, Kamis (17/1/2013).

Wamenkumham memeriksa seluruh ruangan yang ada didalam dan diluar rutan untuk mengetahui sistem pengamanan yang diterapkan apakah sudah sesuai standar keamanan yang diterapkan.

"Setiap blok tahanan ditinjau, bahkan CCtv yang ada diperhatikan dengan jelas," lanjutnya.

Hasil sidak itu, lanjut Agung, Wamenkumham menyampaikan bahwa CCtv yang dimiliki rutan tak menjamin keamanan rutan, sebab sistem kerjanya hanya memantau bukan menjaga setiap tahanan.

"Yang lebih menjadi sorotan adalah pagar tembok rutan yang kurang tinggi, sebab memungkinkan tahanan melarikan diri," terangnya.

Selain sistem keamanan, kelebihan kapasitas rutan juga dibahas dalam sidak tersebut. Wamenkumham tak menampik bahwa setiap rutan di Indonesia memang selalu lebih kapasitas. Namun pendekatan sosial harus lebih diterapkan untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan terjadi.

"Semua keluhan kita sampaikan ke Pak Wamen, hampir semua yang disampaikan dialami setiap rutan di Indonesia. Untuk mencegah itu pendekatan sosial yang harus dipererat antara pihak rutan dan warga binaan," kata Agung.