Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Orang Terserang ISPA di Kecamatan Sagulung
Oleh : kli/dd
Rabu | 16-01-2013 | 16:30 WIB
ispa.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Ratusan orang warga kecamatan Sagulung terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) setiap bulannya. Perhatian dari pemerintah khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam sudah sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Data yang didapat dari Puskesmas Seilangkai, Sagulung tercatat 500 orang lebih setiap bulan di tahun 2012 penderita ISPA berobat ke puskesmas tersebut. Bahkan, di bulan-bulan tertentu pergantian iklim penderita ISPA bisa mencapai 1.000 lebih.

Kepala Puskesmas Seilangkai, Adrial membenarkan tingginya tingkat penderita ISPA di kecamatan Sagulung. Untuk dua Puskesmas di daerah Sagulung yakni Puskesmas Seilekop dan Seilangkai, penyakit ISPA masih yang tertinggi dari 10 jenis penyakit yang sering diderita warga.

"ISPA ini masih peringkat teratas dari 10 jenis penyakit yang banyak diderita warga Sagulung untuk dua Puskesmas yang ada," katanya.

Sementara itu, Dr Sri Fetra Netti yang bertugas di Puskesmas Seilangkai mengatakan jumlah penderita ISPA itu selalu meningkat di Sagulung.

Penyakit ISPA, kata Dr Sri Fetra Netti disebabkan beberapa faktor yakni debu dan asap atau volusi udara, dan juga termasuk lingkungan yang kurang bersih.

"Penyakit ISPA itu kan masalah gangguan pernapasan, jadi bau sampah juga turut mempengaruhi," ujarnya.

Memang, penyakit ISPA masih bisa disembuhkan penanganan medis. Tapi, butuh perhatian dari pemerintah, misalnya untuk melakukan sosialisasi dan menggalakkan kebersihan lingkungan.