Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Roy Suryo Resmi Dilantik sebagai Menpora
Oleh : si
Selasa | 15-01-2013 | 19:56 WIB
Roy_Suryo.jpg Honda-Batam

PKP Developer


Menpora baru Roy Suryo Notodiprojo

JAKARTA, batamtoday - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi telah melantik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru, Roy Suryo Notodiprojo . Pelantikan diikuti seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan pejabat Tinggi Negara.



Pelantikan berlangsung pukul 15.00 WIB di Istana Negara. Pelantikan Roy Suryo selaku Menpora berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No.5/P/2013.

Selain mengangkat Roy, Presiden juga sekaligus mengangkat Susilo Siswoutomo sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral berdasarkan Kepres No.8/M/2013.

Sebagai informasi, SBY memilih Roy untuk mengisi posisi Menpora yang kosong pasca pengunduran diri Andi Mallarangeng. Saat ini, posisi tersebut dipegang sementara waktu oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

SBY memandang, politisi Demokrat itu memiliki integritas dan kapasitas untuk mengemban tugas Menpora. Ada tiga tugas utama yang harus segera diselesaikan Suryo. Pertama, mengonsolidasikan Kemenpora, menyangkut lingkup tugasnya yang kini dalam perhatian publik dan dalam proses KPK, yaitu kasus Hambalang.

Kedua, melanjutkan prestasi Menpora sebelumnya di ajang Sea Games. Ketiga, bekerja sama dengan KOI dan KONI untuk mengakhiri masalah PSSI.

Sedangkan Menpora baru Roy Suryo mengatakan, akan bergerak cepat menangani masalah-masalah di lingkup kementeriannya.

"Seperti yang sering saya sampaikan ini beban berat yang harus diterima. Tapi karena ini perintah langsung dari Presiden, Insya Allah Tuhan beserta kita dan dukungan masyarakat, saya akan langsung lari cepat. Hari ini saya akan langsung ke kantor Kemenpora dan semua urusan yang masih ada di tangan Pak Agung akan saya minta serah terima sekarang juga," kata Roy Suryo.

Roy akan langsung berkoordinasi dengan lima divisi di Kementerian Pemuda dan Olahraga setelah acara pisah sambut dengan Andi Mallarangeng pada Selasa malam.

Selanjutnya dia akan mengumpulkan seluruh staf Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk memperkuat konsolidasi Jumat mendatang serta segera berkonsentrasi untuk menghadapi Sea Games di Myanmar dan Islamic Solidarity Games di Riau.

Roy juga akan mulai menyelesaikan persoalan yang membelit PSSI dengan menemui Nirwan Bakrie dan Arifin Panigoro, yang dianggap sebagai tokoh penting dalam penyelesaian masalah PSSI.

"Kita semua tahu bahwa dua tokoh itu adalah dua pengusaha besar yang memang kemudian bermain di situ. Saya kira semua orang sudah tahu lah, saya akan mengundang beliau-beliau itu ke kantor kalaupun tidak akan lobby beliau, kalau perlu saya akan datang ke beliau-beliau itu," katanya.

Roy menyatakan akan mengangkat tiga staf khusus untuk membantu tugasnya. "Saya akan bujuk Ivana Lie, akan saya angkat jadi staf khusus saya. Staf khusus kedua akan saya angkat profesor muda, lalu ahli bidang komunikasi dan informatika, InsyaAllah Eko Indrrajit dan Heru Nugroho," katanya.