Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tengku Rombak Kabinetnya, 50 Pejabat Eselon II, III dan IV Dilantik
Oleh : em/dd
Kamis | 10-01-2013 | 18:42 WIB
pelantikan-pejabat-anambas-1.jpg Honda-Batam
Bupati Anambas Tengku Mukhtarudin melantik dan mengambil sumpah sejumlah kabinetnya.

ANAMBAS, batamtoday - Memasuki awal tahun 2013, Bupati Anambas Tengku Mukhtarudin kembali melantik dan mengambil sumpah pejabat struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.


Dalam pelantikan yang digelar di Gedung Balai Pertemuan Masarakat Siantan (BPMS) ini, kemarin, tercatat sebanyak 50 orang pejabat eselon menjalani pengambilan sumpah, yang terdiri dari pejabat eselon II 10 orang, eselon III 24 orang, dan eselon IV sebanyak 14 orang.

"Pergantian jabatan ini merupakan hasil dari evaluasi kinerja pejabat eselon. Tidak ada unsur politis apalagi jual beli jabatan. Hal ini murni untuk pembangunan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Anambas," ujar Tengku dalam sambutannya.

Adapun pejabat eselon II yang diambil sumpah, antara lain Nurman, yang sebelumnya menjabat staf ahli kini menjabat asisten pemerintahan (Asisten I) Sekretariat Daerah. Selanjutnya, Ir Syarifuddin yang tadinya menjabat kepala Bapeda menjadi staf ahli pembangunan.

Sementara Kepala Bapedda saat ini dijabat oleh Raja Ishak yang sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Anambas. Sedangkan Kadis Pariwisata sendiri dijabat oleh Iwan K Roni yang merupakan Plt.Kadis Pariwisata. Iwan sendiri jabatan definitifnya sebagai Sekretaris Pariwisata.

Selanjutnya, Oskar Septem SH yang sebelumnya menjabat Sekertaris DPRD saat ini menjadi Staf Ahli Hukum dan Politik. Posisi Oscar sendiri digantikan oleh Taufik Effendi yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Persidangan dan Risalah Sekretariat DPRD.

Zukhrin yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) saat ini menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) menggantikan Said Damrie. Sementara Said Damrie sendiri dilantik menjadi Kadis Kesehatan yang sebelumnya dijabat oleh Yendi, yang ditugaskan menjadi Kadis Sosial menggantikan Linda. 

Untuk Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan saat ini dijabat Akhir Zaman yang sebelumnya menjabat Kabag Hukum Sekretariat Pemkab Anambas. Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM dijabat oleh Linda menggantikan Said Baswedan yang mengajukan pindah keluar Anambas.  

Bupati Tengku juga membantah isu yang beredar, bahwasanya untuk mendapatkan jabatan di pemerintahan Anambas harus melalui seseorang dengan membayar sejumlah uang.

"Demi Allah, jika ada orang yang mengatakan hal demikian, itu tidak benar. Itu isu menyesatkan yang hanya mengadu domba antar pejabat pemerintahan," tegasnya.

Jika ada pejabat yang mengaku melakukan hal demikian dengan mengataskan namanya, lanjutnya, dirinya memastikan akan memecat pejabat tersebut dan akan melaporkan kepada pihak yang berwajib.

"Reshuffle ini murni merupakan evaluasi dari kerja dan disiplin para SKPD. Jadi, jangan dinodai," katanya lagi.

Kepada para pejabat yang baru dilantik, Tengku berpesan agar dapat menjalankan amanah sesuai keinginan masyarakat serta menjunjung tinggi tanggungjawab yang diemban.

"Jika ada yang merasa tidak setuju dengan jabatan barunya, silahkan mengundurkan diri atau pindah dari Anambas. Saya akan terus mengevaluasi kinerja pejabat yang baru ini. Jika tidak bisa bekerja dengan baik akan saya memutasikan, meskipun yang bersangkutan baru menjabat satu bulan," ancam Tengku.

Dalam pelantikan kali ini, terdapat 2 pejabat eselon yang menjadi pelaksana tugas (Plt), masing-masing Andi Agrial yang merupakan Asisten II Pemkab Anambas yang juga menjabat sebagai Plt Kadis Kehutanan dan Pertanian (Distanhut) Anambas. Iwan K Roni sebagai Plt Kadis Pariwisata dan Ashar sebagai Kasubang Umum Sekretariat Pemkab Anambas.

Sementara, Andrey Ikhsan Lubis yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Penanaman Modal saat ini menjabat sebagai Kabag Kesra Sekretariat Anambas menggantikan Sahtiar. Semantar Sahtiar sendiri, menjabat sebagai sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Anambas.