Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perahu Karam, Nelayan Ditemukan Selamat
Oleh : jhr/dd
Kamis | 10-01-2013 | 18:09 WIB
perahu-karam-1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi perahu karam

LINGGA, batamtoday - Mazelan (50 ) th seorang nelayan asal Dusun 2 Persing, Desa Berindat Dabo, ditemukan rekan seprofesinya, Ahmad dan Jang, tengah terapung-apung di tengah laut sekitar 2 mil dari pantai Pulau Kando, Dabosingkep, sekitar pukul 12. 30 WIB pada Kamis (10/1/2013) siang tadi.


"Saya bersama rekan saya, Jang, dalam perjalanan pulang dari menjaring ikan. Di tengah perjalanan, Jang melihat dari kejauhan ada orang memekik meminta tolong, saat itu angin sangat kencang dan ombak mencapai 2 sampai 3 meter," ujar Ahmad, Kamis (10/1/2013).

"Setelah kami mendekat, ternyata orang yang minta tolong itu adalah rekan kami, Mazelan. Dia terombang-ambing dihempas gelombang tinggi, sambil memekik minta tolong. Keadaanya pun terlihat sudah sangat lemah," tambahnya.

Ahmad memperkirakan musibah yang dialami Mazelan, bermula ketika perahu layar yang ditumpanginya oleng beberapa kali akibat hantaman ombak besar hingga terbalik.

Dan saat ditemukan, korban hanya memegang layar perahu untuk bertahan dan berupaya menyelamatkan diri. Sedangkan perahu yang di tumpanginya tidak kelihatan lagi.

"Kami pun dengan sigap meraih tubuh korban dan menaikkannya ke pompong, lalau membawa korban ke pantai untuk secepatnya mencari bantuan. Perahu dan jaring tambannya tidak kami temukan lagi," ungkap Ahmad.

Beruntung, mobil Satpol PP sedang melintas saat korban Mazelan tiba di darat dan langsung melarikan Mazelan ke RSUD Dabo untuk mendapatkan pertolongan. "Kini korban sudah siuman, tapi masih menjalni perawatan di ruang UGD RSUD Dabo," ujar Ahmad.