Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daniel Day-Lewis Masuk Nominasi BAFTA
Oleh : dd/bbc
Kamis | 10-01-2013 | 13:50 WIB
daniel_day.jpg Honda-Batam
Daniel Day-Lewis.

LONDON, batamtoday - Bintang Daniel Day-Lewis menjadi salah satu calon kuat untuk aktor terbaik dalam penghargaan bergengsi film dan TV Inggris, BAFTA.

BBC melaporkan pencalonan itu untuk perannya dalam film tentang Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln, yang total mendapat 10 nominasi termasuk untuk film terbaik.

Pendamping Day-Lewis di film itu, Tommy Lee Jones dan Sally Field, juga dicalonkan sebagai aktor dan aktris pendukung terbaik.

Film yang diadaptasi dari teater musikal klasik, Les Miserables, dan karya sutradara terkenal Ang Lee, Life of Pi, masing-masing mendapat sembilan nominasi.

Sedangkan film James Bond Skyfall, maju dengan delapan nominasi antara lain untuk film Inggris terbaik dan aktor pendukung bagi Javier Bardem.

Tom Hooper tak masuk


Para pemenang BAFTA tahun ini akan diumumkan dalam acara pada 10 Februari mendatang.

Beberapa kejutan dalam nominasi tahun ini adalah sutradara peraih Oscar lewat film The King's Speech, Tom Hooper, tidak dicalonkan untuk sutradara terbaik lewat filmnya Les Miserables.

Demikian juga dengan aktor Inggris peraih Oscar lainnya, Sam Mendes, yang main di Skyfall namun tidak masuk nominasi.

Daftar nominasi disampaikan kepada khalayak umum di kantor BAFTA di pusat kota London, Rabu 9 Januari.

Beberapa film produk Amerika Serikat yang juga masuk nominasi adalah Zero Dark Thirty dengan lima nominasi dan The Master yang mendapat empat nominasi.

Sumber : BBC.