Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satpam Harus Lebih Peka dan Disiplin
Oleh : hrj/dd
Rabu | 09-01-2013 | 13:30 WIB
tumpeng-satpam.gif Honda-Batam
Wakapolres Bintan Kompol Eko Kurniawan memberikan nasi tumpeng anggota Satpam tertua dalam HUT Satpam ke-32 di Mapolres Bintan.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Anggota Satuan Pengamanan (Satpam) diminta untuk lebih peka dan disiplin, khususnya untuk mengantisipasi setiap tindak kejahatan yang dimungkinkan terjadi.

Hal tersebut disampaikan Wakapolres Bintan Kompol Eko Kurniawan saat menjadi upacara peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Satpam yang ke-32 di Mapolres Bintan, Rabu (9/1/2013).

Wakapolres dalam upacara tersebut membacakan amanat dari Kapolri dengan tema, meningkatkan kopetensi dan profesional satuan pengamanan guna mewujudkan pengamanan Swakarsa. Dimana pengamanan sistem Swakarsa  atau pengamanan berdasarkan permintaan dari masyarakat, yang telah dikukuhkan oleh Polri  sebanyak 31 Swakarsa di seluruh Indonesia.

Selain itu, Satpam merupakan pelaksana tugas Polri yang bersifat terbatas dan sedikitnya sudah 192.000 anggota yang sudah mengikuti pendidikan dasar (Diksar) atau ada kenaikan 25 persen dari tahun sebelumnya.

Pengamanan Swakarsa adalah garda terdepan dalam pengamanan, sehingga kedepan perlu ditingkatkan pengetahuan serta kepekaan terhadap kondisi yang ada di sekitarnya. Serta melakukan tindakan terbatas dengan cara yang lebih profesional dan tidak melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).