Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Panas dan Angin Kencang Picu Kebakaran Hutan Karimun
Oleh : khn/dd
Selasa | 08-01-2013 | 17:26 WIB

KARIMUN, batamtoday - Cuaca panas yang diperkirakan di atas 38 derajat Celcius serta kencangnya tiupan angin, diduga penyebab terjadinya kebakaran di hutan Karimun yang terletak di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karimun.


Untuk memadamkan kebakaran tersebut, 1 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diterjunkan ke lokasi, juga belum mampu menjinakkan api yang terus melalap pepohonan kering yang ada di sekitarnya.

Kepada batamtoday, Rozi, salah seorang warga Paya Manggis yang menyaksikan kejadian pada Selasa (8/1/2013) itu mengatakan, mobil damkar yang datang sejam sebelumnya, belum mampu menjinakkan api yang terus menyala.

Bahkan, katanya lagi, api tersebut terus menjalar mendekati pepohonan kering yang ada di sekitarnya.

"Kalau titik api itu, tepatnya berada di depan SPBU Karimun. Sementara di lokasi itu, masyarakat sedang mengantri mendapatkan BBM Bersubsidi," terangnya.

Namun pendapat berbeda, diungkapkan Pantun Pasaribu seorang masyarakat lainnya yang juga ikut menyaksikan kejadian tersebut.

Menurut Pantun, api tersebut pasti dapat dipadamkan. Sebab katanya lagi, air yang dikeluarkan dari tangki Damkar tersebut telah mengandung racun api. Sehingga Tim Penjinak, telah mengetahui titik-titik api yang akan diamankan.

"Mereka itu telah terlatih, kita lihat saja. Saya yakin sebentar lagi api akan padam,"ujarnya.

Pantauan batamtoday, angin kencang serta dedaunan kering akibat cuaca panas beberapa hari terakhir di Karimun, merupakan penyebab mudahnya api merambat kemana-mana. Namun berkat kelihaian petugas pemadam kebakaran, api tersebut belum sempat merebak lebih jauh.