Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelatihan Menjahit PNPM Tanjungriau

Sehari Mampu Rampungkan Satu Pasang
Oleh : irw/dd
Senin | 07-01-2013 | 16:52 WIB

BATAM, batamtoday - Sebanyak 15 orang warga dari 14 RW di Kelurahan Tanjungriau mengikuti pelatihan menjahit program PNPM Pelatihan yang dilakukan di Pejahit Putra Tailor, Tanjungriau ini berlangsung selama 20 hari.

Menurut instruktur menjahit, Lukman, peserta yang mengikuti pelatihan kini sudah mampu menyelesaikan satu pasang baju dalam sehari.

"Lama kelamaan peserta bisa lebih cepat dalam menjahit berbagai jenis pakaian. Mereka juga dibekali sertifikat setelah mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan menjahit,'' ujar Lukman, Senin (07/01/2013).

Sementara itu, koordinator PNPM dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Maju Sejahtera, Subagio menyebutkan, pelatihan itu merupakan program tahun kedua di Tanjungriau.

''Ini hanya penutupan saja. Programnya pelatihan menjahit lanjutan, pelatihannya sudah selesai pada 20 Desember lalu,'' kata Subagio kepada wartawan.

Menurut dia, peserta pelatihan menjahit tahun ini cukup antusiar mengikuti rangkaian pelatihan, hingga dalam waktu 15 hari saja mereka sudah menguasai materi yang diberikan dan setelah 20 hari pelatihan peserta sudah bisa menyelesaikan satu stel pakaian.

Bagio menambahkan, progam PNPM ini merupakan program Pemko Batam untuk melatih warga agar bisa mandiri.

"Semoga dengan menguasai tehnik menjahit, bisa membantu peserta dalam menopang perekonomian keluarga mereka," pungkasnya.