Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sky Aviation Buka Rute Baru, Buka Keterisolasian
Oleh : Sumantri
Selasa | 15-03-2011 | 16:27 WIB

Batam, Batamtoday - Maskapai penerbangan domestik, Sky Aviation, kembali membuka satu rute penerbangan baru yaitu Batam-Pangkal Pinang-Tanjung Pandan, pada Selasa 15 Maret 2011, sebagai komitmenya untuk membuka keterisolasian sebuah daerah.

Rute Batam-Pangkal Pinang-Tanjung Pandan, dua kota terakhir berada di wilayah propinsi Bangka Belitung (Babel), akan dilayani 3 kali dalam satu minggu yakni pada hari Selasa, Kamis dan Minggu.

"Ini merupakan implementasi dari komitmen Sky dalam menghubungkan berbagai Kabupaten di Sumatera dengan membuka rute-rute baru, secara periodik. Rute Batam-Pangkal Pinang-Tanjung Pandan, akan melayani masyarakat dengan frekuensi 3 kali seminggu, yakni Selasa, Kamis, dan Minggu pada pukul 09.00 wib, berangkat dari Batam," ungkap Krisman Tarigan, Direktur Utama PT Sky Aviation, di Pulau Belitung, kepada batamtoday, Selasa , 15 Maret 2011.

Inagurasi penerbangan perdana Sky untuk Rute baru yang menghubungkan Batam dengan Provinsi Bangka Belitung ini, disambut baik oleh Gubernur Provinsi Bangka Belitung, yang memang sangat mengharapkan adanya imbas positif dari sisi ekonomi antara Kota Batam dan Provinsi Bangka Belitung, dengan adanya rute ini.

Sebelumnya seperti diberitakan batamtoday, Sky Aviation melakukan operational perseroan dengan meresmikan penerbangan dengan rute Batam-Dabo Singkep (Kab. Lingga) pada 7 Maret 2011.  Sky Aviation merupakan maskapai penerbangan domestik berjadwal dan Charter.  

Sebelum melebarkan bidikan pasarnya ke daerah Indonesia bagian bagian barat, khususnya wilayah sumatera, Sky Aviation telah eksis di bisnis angkasa dengan menyasar pasar Indonesia bagian tengah melalui penerbangan berjadwal dan charter yang melayani rute Banyuwangi-Bali-Nusa Tenggara.

Pada tahun 2011, perseroan berencana untuk melakukan langkah perluasan (ekspansi) usaha dengan okus market Indonesia bagian barat yang sebagian besar didominasi oleh pulau Jawa dan Sumatera.

"Secara bertahap kita akan membuka rute-rute baru untuk menyasar market bagi kelompok masyarakat Kabupaten, Kota dan Provinsi yang ada di Indonesia bagian barat terutama wilayah Sumatera," tegas Krisman, sesaat setelah landing di bandara H. AS. Hanandjoeddin, pulau Belitung, Babel.

Menurut Krisman, pembukaan rute baru yang direncanakan oleh Sky Aviation secara bertahap akan terus dilakukan. Bukan hanya target peningkatan Margin bisnis, tetapi juga membuka keterisolasian suatu Kabupaten atau Kota agar pertumbuhan perekonomianya mengalami perubahan signifikan.