Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2,1 Juta Orang Tonton 'Habibie dan Ainun' dalam Dua Pekan
Oleh : dd/rs
Kamis | 03-01-2013 | 14:52 WIB

JAKARTA, batamtoday - Film yang diangkat dari buku otobiografi BJ Habibie, Habibie & Ainun, telah menggenggam prestasi luar biasa baru-baru ini, yaitu jumlah penonton yang mencapai dua juta dalam rentang waktu dua pekan saja.

Kabar tersebut didapat RollingStone langsung dari akun Twitter pribadi keponakan Habibie yang juga merupakan promotor konser musik kondang tanah air, Adrie Subono.

Ia berkicau pada Kamis (3/1/2012) siang tadi: “2,1 juta penonton film Habibie & Ainun dalam 14 hari pertama!” Adrie memang giat mempromosikan film yang disutradarai oleh Faozan Rizal tersebut, ia seringkali mengicau ulang pujian orang-orang terhadap film tersebut.

Sebelumnya, Habibie & Ainun telah lebih dulu memecahkan rekor sebagai film dengan jumlah layar yang menayangkan terbanyak. Pada hari ketiga pemutaran, film romantis ini ditayangkan di 241 layar di seluruh Indonesia.

Habibie & Ainun menampilkan Reza Rahadian sebagai BJ Habibie yang kerap dipuji setinggi langit berkat akting yang mampu menyerupai tokoh asli dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun. Film ini mengisahkan kisah cinta keduanya sejak pertama berkenalan saat SMP hingga kematian Ainun karena penyakit yang diidapnya.

Faozan Rizal sang sutradara sebenarnya lebih dikenal sebagai penggarap film dengan gaya eksperimental. Pada awal kariernya, ia sempat menghasilkan trilogi eksperimental yang masing-masing berjudul Yasujiro Journey, Aries: A Poem for Katia dan Fugu: A Sushi Tales.

Habibie & Ainun adalah film besar perdananya. Walau begitu, ia merupakan penata kamera langganan Hanung Bramantyo. Beberapa film Hanung yang melibatkan Faozan antara lain adalah Get Married, Ayat-ayat Cinta, Sang Pencerah, dan Perahu Kertas.