Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Sayuran di Batam Meroket Tajam
Oleh : hz/dd
Kamis | 03-01-2013 | 10:07 WIB
pasar-toss-3000.gif Honda-Batam
Pasar Toss 3000.

BATAM, batamtoday - Harga sayur-mayur di beberapa pasar di kota Batam diawal tahun 2013 mulai merangkak naik, kenaikan harga sayuran ini bahkan mencapai kenaikan seratus persen.

Pantauan batamtoday, Kamis (3/01/2013) di Pasar Samarinda Nagoya, harga bayam mencapai Rp 8 ribu, dari sebelumnya Rp 4 ribu per kilogram. Kangkung dari Rp 5 ribu naik menjadii Rp 9 ribu per kilogramnya sementara wortel mencapai Rp 12 ribu dari harga sebelumnya Rp 8 ribu.

Untuk harga bawang lokal naik menjadi Rp 16 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 8 ribu per kilo. Sedangkan bawang merah impor dari sebelumnya Rp 6 ribu naik menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Samarinda, Ali mengatakan karena faktor cuaca yang buruk sehingga pengiriman sayuran dari daerah penghasil seperti Medan terlambat datang ke Batam.

"Kenaikan harga sayuran ini dikarenakan faktor cuaca, selain itu juga karena keterlambatan dalam pengiriman," kata Ali.

Sementara itu, Nana, salah seorang pembeli mengaku sangat terbebani dengan kenaikan harga sayuran ini, karena akan memicu kanaikan harga lainnya.

"UMK saja belum ada tanda-tanda kejelasan naik, tapi harga kebutuhan pada naik. Memang masih sayur yang naik drastis, tapi tidak menutup kemungkinan harga yang lain juga pasti naik," kesalnya.