Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sampah Menumpuk, Dahlan Enggan Berkomentar
Oleh : kli/dd
Kamis | 03-01-2013 | 09:30 WIB
sampah-lageeee.gif Honda-Batam
Tumpukan sampah di salah satu sudut Batuaji.

BATAM, batamtoday - Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan enggan berkomentar saat ditanyai masalah tumpukan sampah yang membludak di beberapa tempat.

"Kita fokus masalah e-KTP ini saja, masalah sampah nanti," elak Dahlan saat memberikan e-KTP kepada warga secara simbolis di Kecamatan Batuaji, kemarin.

Pantauan batamtoday di daeah Batuaji dan Sagulung, sampah menumpuk di lokasi simpang kavling Baru, depan Pendawa, simpang Base Camp dan beberapa tempat lain.

Menurut warga, sejak akhir tahun 2012 sampai dengan 3 Januari 2013 pihak dinas kebersikan belum melakukan pengangkutan. Sehingga, sampah-sampah sempat busuk dan mengeluarkan aroma tak sedap yang dapat menggangu pernapasan.

"Sudah beberapa hari ini pihak kebersihan tak datang untuk mengangkut sampah. Petugas sampah mungkin masih liburan atau sengaja tunggu sampahnya busuk semua," kesal Burma, warga Kavling Sagulung, Kamis (3/1/2013) pagi.

Menurutnya, persolan sampah di Batam ini belum bisa tertuntaskan. Sebab, setiap akhir tahun atau setelah selesai perayaan hari besar, tumpukan sampah pasti terjadi di beberapa lokasi. Ini pertanda, Pemerintah Kota Batam masih lemah dalam mengatasi persolan sampah ini.

"Tiap tahun pasti saja sampah ini menjadi persoalan. Pemerintah lemah dalam mengatasi masalah kecil, apalagi masalah besar," tudingnya.