Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bantai Stoke City, Citizen Tempel Manchester United
Oleh : dd/mdk
Rabu | 02-01-2013 | 10:44 WIB

MANCHESTER, batamtoday - Manchester City berhasil mendominasi dan menghajar tamunya Stoke City tiga gol tanpa balas dalam Premier League matchday 21 yang berlangsung di Etihad Stadium (01/01/2013). Sayang, kemenangan ini diwarnai sedikit kontroversi terkait hadiah penalti yang diberikan wasit kepada City.

City tak membuang waktu dan langsung melancarkan serangan bertubi-tubi begitu peluit kick-off ditiup. The Citizens tak mau menunggu lama untuk menciptakan beragam peluang yang datang dari nyaris semua pemain mereka.

Pertandingan baru berlangsung dua menit, Asmir Begovic sudah harus membuat penyelamatan dari tembakan Sergio Aguero. Lalu berturut-turut David Silva, Yaya Toure, Edin Dzeko dan James Milner melancarkan serbuan ke gawang Stoke. Semuanya berakhir dengan kegagalan.

Di sisi lain, Joe Hart baru menyentuh bola ketika pertandingan memasuki menit ke 13. Stoke secara umum tak bisa terbebas dari kepungan City nyaris sepanjang babak pertama, namun mereka bisa bertahan dengan impresif.

Kombinasi antara pertahanan kokoh Stoke dan penyelesaian akhir yang kurang sempurna dari City membuat skor kacamata bertahan hingga penghujung babak pertama. Untung bagi City, mereka berhasil mendapat gol yang sangat dibutuhkan itu pada menit ke 43.

Milner melakukan penetrasi dari sisi kanan sebelum mengirim umpan menyisir tanah ke depan gawang. Begovic mampu melakukan intersep, tetapi bola liar mengarah ke kaki Pablo Zabaleta yang berhasil menceploskannya ke gawang The Potters. City unggul satu gol saat babak pertama berakhir.

Situasi tak berubah ketika babak kedua bergulir; City masih menguasai pertandingan. Hasilnya, mereka bisa menambah keunggulan pada menit ke 56 lewat kaki Edin Dzeko.

Begovic tak bisa menangkap dengan sempurna tendangan bebas Aguero dan bola lepas disambar Dzeko dari jarak dekat. City unggul 2-0 dan Dzeko mendapat kartu kuning akibat melepas jersey dan menunjukkan tulisan "Happy New Year".

City unggul semakin jauh setelah Aguero berhasil mencetak gol lewat titik putih pada menit ke 74. Proses terjadinya penalti ini memicu kontroversi karena David Silva terlihat dilanggar Steven N"Zonzi di luar kotak terlarang. Beberapa saat setelah mencetak gol, Aguero harus ditarik keluar lantaran mengalami cedera.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-0 untuk keunggulan City tidak berubah. Hasil ini membuat City terus memberi tekanan kepada Manchester United meski masih terpaut tujuh poin di klasemen.