Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Didominasi PNS

Seribuan Lebih Warga Kepri Habiskan Malam Pergantian Tahun di Singapura
Oleh : ah/dd
Senin | 31-12-2012 | 12:35 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Warga Kepulauan Riau tampaknya banyak yang memanfaatkan Singapura sebagai tempat berlibur sambil menikmati malam pergantian tahun 2012 menuju tahun baru 2013.


Dari informasi yang diperoleh batamtoday dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinis Kepri, memperlihatkan lonjakan jumlah warga yang bepergian ke Singapura, terhitung dari Sabtu sampai Minggu, dan bahkan hari ini, Senin (31/12/2012).

Tercatat ada sekitar 1.000 lebih warga Kepri yang sudah berangkat ke Singapura melalui empat pintu keluar, yakni Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Tanjungbalai Karimun.

Dari 1.000-an lebih warga Kepri yang menghabiskan malam pergantian tahun di Singapura, didominasi oleh pegawai negeri sipil (PNS), dan disusul warga masyarakat biasa.

Namun begitu, Ketua BPS Provinsi Kepru Badar SH mengatakan, lonjakan warga keluar sepertinya juga dibarengi dengan lonjakan tamu atau wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kepri.

Kunjungan wisatawan asing di Kepri mayoritas WNA asal Singapura, Malaysia, Cina. Rata-rata para wisatawan menempati hotel berbintang tiga, empat, dan lima.

"Untuk Kepri, WNA biasanya banyak menuju Bintan, Lagoi, disusul Batam, Karimun, dan Tanjungpinang," kata Badar.

Lonjakan arus balik di Kepri diprediksi akan terjadi pada tanggal 1-3 Januari 2013. Pengamatan BPS Kepri ini dilakukan dengan pertemuan sejumlah sumber di instansi dan laporan informasi tiap kabupaten/kota.