Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Film Merugi di Dunia Tahun 2012
Oleh : dd/inl
Jum'at | 28-12-2012 | 15:36 WIB
red_tails.jpg Honda-Batam
Red Tails, salah satu film yang merugi di tahun 2012.

LONDON, batamtoday - Ada film yang sukses meraup keuntungan hingga triliunan rupiah pada tahun 2012, ada juga film yang gagal dan rugi besar. Film apa sajakah?

Mengutip femalefirst, sebanyak enam film Hollywood yang tayang tahun 2012 mengalami kerugian. Ironisnya, menghadirkan bintang terkenal tak menjadi jaminan mendatangkan keuntungan.

1. Red Tails

Lucas Film mengangkat Red Tails menjadi film layar lebar dengan arahan sutradara Anthony Hemingway. Filmnya berlatar belakang perang dunia kedua.

Meskipun banyak bintang ternama, termasuk peraih Oscar Cuba Gooding Jr dan Terrence Howard, film gagal meraih penghargaan dan masuk jajaran film terlaris, bahkan merugi. Pasalnya, bermodal US$58 juta, Red Tails hanya meraup pundi US$49,8 juta saja.

2. Wanderlust

Jennifer Aniston dan Paul Rudd membintangi Wanderlust dengan arahan sutradara David Wain. Rudd dan Aniston memainkan sepasang suami istri tentang perjuangan menjalani hidupnya.

Ternyata, nama besar Jennifer dan Paul, belum lagi lawan main sekelas Justin Theroux, Alan Alda dan Malin Akerman tak menjamin film laris di bioskop.

Tercatat, menghabiskan anggaran US$35 juta, produser hanya mampu mengambil uang sebesar US$21,4 juta. Jelas, merugi US$14,1 juta.

3. My Boy


Kualitas Adam Sandler ternyata tak mampu mengangkat film komedi My Boy laris ditonton. Film arahan sutradara Sean Anders ini rugi US$12,3 juta. Modal US$70 juta, uang kembali hanya US$57,7 juta.

Nama Andy Samberg dan Leighton Meester yang juga jago komedi, seperi Adam, tak mampu memikat hati kritikus film dan pencinta film komedi untuk menontonnya.

4. Big Miracle

Nama pupuler Drew Barrymore gagal menghantarkan film Big Miracle menjadi film terlaris di dunia. Film yang kisahnya diangkat dari buku laris tentang upaya internasional untuk menyelamatkan paus yang terperangkap dalam es di dekat titik Barrow di Alaska pada tahun 1988.

Hanya meraup US$24,7, Big Miracle rugi lebih dari US$15,3 juta karena anggarannya US$40 juta.

5. Rock of Ages

Film Rock of Ages gagal menjadi film terlaris. Jaminan sutradara Hairspray, Adam Shankman yang menggarapnya dan hadirnya bintang besar Tom Cruise, Julianne Hough, Alec Baldwin, Catherine Zeta Jones dan Russell Brand, gagal mendatangkan keuntungan.

Film musikkal dengan anggaran US$75 juta tersebut, hanya membawa US$56,3 juta saat tayang.

6. Dreed


Dredd 3D salah satu film terbaik tahun ini. Namun gagal menjadi film laris. Film ini memang dipuji kritikus. Namun, merugi US$11 juta. Pasalnya, dengan anggaran US$45 juta, Dreed hanya mendapatkan pemasukan US$36,4 juta saja.