Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumpang Tindih Lahan dan Lakalantas Jadi Sorotan Polres Bintan
Oleh : hrj/dd
Kamis | 27-12-2012 | 14:40 WIB
kapolres-bintan.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kapolres Bintan AKBP Octo Budhi Prasetyo.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Permasalahan tumpang tindihnya kepemilikan lahan di Kabupaten Bintan, menjadi sorotan utama Polres Bintan. Selain itu, masalah semakin meningkatnya angka lakalantas pada tahun 2012, yang diduga salah satu penyebabnya adalah kondisi jalan.

Kapolres Bintan AKBP Octo Budhi Prasetyo kepada batamtoday, Kamis (27/12/2012) mengatakan, dua hal tersebut menjadi masukan utama dari Polres Bintan dalam rapat evaluasi hasil kinerja 2012 dalam rapat bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Bintan, yang diselenggarakan di Bintan Agro Hotel Kecamatan Gunungkijang, Bintan.

"Hari ini, kita rapat bersama seluruh SKPD, dua permasalahan tersebut menjadi masukan kita kepada pemerintah," ungkapnya.

Dijelaskan terkait masalah lahan, sampai sejauh ini di wialyah hukum Polres Bintan, tetap menjadi momok dan salahsatu pemicu terjadinya gejolak di Bintan, apa bila permasalahan lahan tersebut tidak dengan segera diselesaikan oleh pemerintah.

Permasalahan lahan sendiri akan muncul apabila mulai adanya harga secara ekonomis, seperti adanya pengolahan dan pertambangan, dimana kejadian tersebut sudah kerap kali terjadi di daerah ini.

"Kita berharap terkait masalah lahan ini, harus menjadi prioritas bagi pemerintah untuk menyelesaikannya," harap Kapolres.

Sementara masalah kondisi jalan, diduga menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya angka kecelekaan lalulintas. Dijelaskan, kondisi jalan yang menjadi perhatian diantaranya, dibutuhkannya penerangan di sejumlah ruas jalan, tidak adanya kejut jalan di jalan tanjakan, sehingga pengemudi saat menegndarai kendaraan banyak yang lalai.

Kapolres berharap kepada pemerintah, evaluasi tersebut segera ditindak lanjuti, agar angka lakalantas bisa terus ditekan. Selain itu permasalahan lahan, juga harus segera mendapatkan perhatian dan penyelesaian, karena salah satu pemicu terjadi gejolak di Bintan adalah permsalahan lahan tersebut.

"Masalah lahan, kalau terus dibiarkan bisa jadi bom waktu dan gejolak  bisa terjadi kapan pun," imbuhnya.