Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

H-4 Natal, Penumpang di Hang Nadim Mulai Meningkat
Oleh : ali/dd
Jum'at | 21-12-2012 | 13:19 WIB

BATAM, batamtoday - Memasuki H-4 jelang Natal, penumpang sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Hang Nadim mulai menunjukkan peningkatan.

"Penumpang meningkat dan kursi penerbangan sejak Kamis (20/12/2012) hingga akhir tahun 80 persen sudah terisi. 20 persen sisanya masih bisa dipesan untuk tujuan Medan, Jakarta dan Padang," kata Hendra J.S, Distrik Manager Citilink Bandara Hang Nadim, Jumat (21/12/2012).

Untuk harga tiket seperti rute tujuan Medan, tambahnya, berkisar antara Rp 890 ribuan, rute tujuan Jakarta dari Batam berkisar mulai dari Rp 800 ribuan. Sedangkan, rute penerbangan dari Batam tujuan Padang  berkisar antara Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu, serta rute penerbangan tujuan Surabaya berkisar antara Rp 1 jutaan.

"Untuk jadwal penerbangan dalam satu minggu sebanyak 2 dua kali, selain penerbangan Surabaya di mana satu minggu sebanyak satu kali. Selain itu, rata-rata para calon penumpang ini sudah memesan tiket satu-dua bulan, " terangnya.

Armada pesawat Citilink, yang digunakan yakni Airbus A320 dengan kapasitas daya tampung mencapai 180 orang. Sehingga, diprediksi sisa tiket 20 persen yang belum terisi di perkirakan pada saat hari H telah habis terjual.

Sementara itu, maskapai Sriwijaya Air di bandara Hang Nadim melalui Stasion Air Manager, Dedi mengatakan hal serupa. Menurutnya terdapat peningkatan jumlah penumpang dari Batam ke berbagai daerah di Indonesia.

"Ada peningkatan penumpang. Mungkin dikarenakan peak season," ujarnya kepada ketika dihubungi.

Untuk rute yang mengalami peningkatan jumlah penumpang di bandingkan dengan hari-hari biasanya yakni rute Batam tujuan Jambi yang melayani penerbangan setiap harinya.
 
"Yang paling signifikan mengalami peningkatan rute Batam-Jambi. Sementara, untuk rute penerbangan lainnya seperti tujuan Medan, Jakarta, Padang masih terpantau normal, " paparnya.

Pihaknya pun memperkirakan, tiga hari sebelum hari Natal, diperkirakan mulai dipenuhi oleh calon penumpang yang akan menghabiskan waktunya di luar Batam.