Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Transportasi Umum Harus Mampu Menjadi Solusi Kemacetan
Oleh : ron/dd
Jum'at | 21-12-2012 | 12:45 WIB
aksi-taksi......gif Honda-Batam
Moda transportasi umum di Batam yang kondisinya masih memprihatinkan.

BATAM, batamtoday – Sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan kendaraan yang cukup tinggi, Kota Batam sudah seharusnya memikirkan sistem transportasi berkelanjutan. Karena kelancaran transportasi berdampak langsung pada perkembangan ekonomi.


Transportasi umum memegang peran penting dalam menciptakan transportasi berkelanjutan, dan mampu menjadi solusi mengatasi kemacetan dengan memobilisasi masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Hal tersebut terungkap dalam presentasi Pilot Project Indonesia Suistainable Urban Transport Initiative (Indosutri) oleh Kementerian Perhubungan di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (21/12/2012).

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada kesempatan tersebut mengatakan, terkait sistem transportasi di Batam ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni kondisi jalan arteri di Batam dibangun empat puluh tahun yang lalu oleh Otorita Batam (sekarang BP Batam), sehingga kualitasnya tidak bagus lagi.

"Lalu tingginya jumlah transportasi di Batam sehingga pada jam-jam tertentu menyebabkan kemacetan. Selanjutnya sistem pertransportasian di Indonesia masih didominasi kendaraan pribadi. Dan terakhir masalah lingkungan terutama polusi akibat emisi gas buang," kata Dahlan dalam release Humas Pemko.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Lingkungan, Wendy Aritenang mengatakan, masalah transportasi di Batam saat ini masih normal, tidak sepelik Jakarta. Akan tetapi, apabila dibiarkan, masalah tersebut akan semakin kompleks.

"Sedikit saja terjadi pengabaian dan kelalaian pada sektor ini, ekonomi bisa tumbang, lalu lintas menjadi ruwet, serta kesehatan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat menjadi terancam," ungkap Wendi.

Ada tiga kota yang dipilih sebagai percontohan program ini, yakni Medan, Batam dan Manado.