Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panettone, Roti Mewah Khas Natal dari Milan
Oleh : dd/dtf
Rabu | 19-12-2012 | 17:30 WIB

MILAN, batamtoday - Roti dari Milan, Italia ini selalu hadir dalam pesta natal di tiap rumah di Italia. Teksturnya empuk, aromanya wangi dengan krenyes legit kismis. Roti inipun dibuat untuk merayu seorang wanita, anak seorang pembuat roti.

Panettone atau bisa juga Paneton adalah roti manis yang berasal dari Milan, Italia. Roti ini biasa disajikan saat perayaan Natal dan Tahun baru di Italia. Berbentuk seperti kubah di atas dasar roti yang berbentuk silinder, teksturnya lembut dan aroma jeruk yang wangi.

Roti yang menjadi salah satu simbol kota Milan ini tidak hanya terkenal di Italia, roti ini juga dikenal oleh negara-negara lainnya seperti Perancis, Brazil, Peru, Jerman dan Swiss. Disajikan dengan cara dipotong-potong bersama minuman hangat yang manis atau wine manis seperti Asti atau Moscato d'Asti.

Ada beberapa sejarah dan legenda yang dikaitkan dengan asal Panettone. Nama Panettone konon berasal dari dialek Milan “pan del ton” yang berarti bread of luxury atau roti mewah.

Sebuah legenda yang paling banyak dikenal, datang dari seorang bangsawan bernama Ughetto Atellani yang jatuh cinta pada seorang wanita bernama Adalgisa, putri dari seorang pembuat roti yang miskin bernama Toni.

Untuk membantu perempuan itu, sang bangsawan menyamar menjadi tukang roti dan membuat sebuah roti mewah. Ia memasukkan tepung, ragi, mentega, telur, kismis, manisan lemon, dan kulit jeruk. Terpesona dengan roti spesial ini, The Duke of Milan, Ludovico il Moro Sforza akhirnya menyetujui pernikahan tersebut.

Untuk membuat kue ini dibutuhkan waktu yang cukup lama, kue ini harus melalui proses pengawetan adonan, hampir sama seperti sourdough. Pengembangan ragi sendiri membutuhkan waktu beberapa hari untuk membuat roti mengembang dengan sempurna.

Roti ini dibuat dari tepung, ragi, mentega, manisan jeruk, lemon, kulit lemon parut dan kismis. Berbagai variasi Panettone saat ini tersedia dalam rasa plain atau dengan tambahan cokelat. Di beberapa daerah Italia, Panettone disajikan bersama Crema di mascarpone, krim yang dibuat dari keju mascarpone, telur, dan manisan buah atau buah kering.

Di Jakarta selain di bakery ternama, pannetone juga banyak dijual dalam kemasan karton merah dalam berbagai ukuran di pasar swalayan besar. Umumnya merupakan produk impor dari Eropa.