Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

60 Persen Sayur Mayur di Batam Dipasok Melalui Kargo Hang Nadim
Oleh : ali/dd
Selasa | 18-12-2012 | 17:31 WIB
kargo-bandara.gif Honda-Batam
Terminal kargo Bandara Hang Nadim.

BATAM, batamtoday - Terhitung Januari hingga Oktober 2012 sayur - sayuran dan kebutuhan pokok lainnya mendominasi hingga 60 persen masuk melalui terminal kargo Bandara Hang Nadim Batam dengan mencapai 11.616.407 kilogram.

Kepala Bagian Umum dan Keungan Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan masuknya barang kebutuhan pokok melalui bandara Hang Nadim secara keseluruhan masih didominasi oleh sayur-sayuran yang dipasok dari berbagai daerah di Sumatra dan Jawa.

"Sayur-sayuran yang masuk melalui Bandara Hang Nadim sebesar 60 persen. Sisanya baru barang-barang lainnya seperti dokumen dan perabotan," ujar Suwarso, Selasa (18/12/2012).

Suwarso menjelaskan, mekanisme yang diproritaskan untuk sayur-sayuran adalah sayur-sayuran yang cepat busuk dan dokumen penting.  Untuk sayur-sayuran yang mendominasi diantaranya cabe, wortel, tomat dan buncis. Selain itu, ada yang mengirim kepiting/ketam dari Makasasr langsung ke Batam melalui Jakarta.

"Paling banyak masuk dari Pekanbaru dan Medan baru sisanya dari daerah lain seperti Jawa untuk sayur-sayuran," terangnya.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan jumlah barang yang masuk melalui Bandara Hang Nadim Batam sebesar 10 persen dan ini terjadi seluruh jenis barang yang dikirim.

"Untuk saat ini aja, sudah ada yang memasukkan furniture perabotan rumah langsung dari Yogyakarta dan sejumlah daerah lainnya yang ada di Kepri," pungkasnya.