Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumpukan Sampah Sambut Hari Jadi Batam ke-183
Oleh : ali/dd
Selasa | 18-12-2012 | 10:34 WIB

BATAM, batamtoday - Kamis, (18/12/2012) bertepatan hari jadi Kota Batam yang ke 183 tahun, masih tetap tidak ada terjadi perubahan seperti hari biasa. Pasalnya, di beberapa titik sepanjang jalan menuju Gedung Pemko Batam, masih tetap juga dijumpai tumpukan sampah.

Pantauan batamtoday, sampah tampak menumpuk di belakang Pasar Mega Legenda. Tumpukan sampah yang mengeluarkan bau tidak sedap ini tidak hanya berasal dari limbah rumah tangga, namun sampah ini juga berasal dari sejumlah sampah lainnya seperti tumpukan batok kelapa, serta botol-botol dan puing-puing bangunan, seolah menghiasi cermin Kota Batam yang hari ini merayakan ulang tahun.

Tidak hanya di lokasi lahan milik warga ini sampah menumpuk. Di sisi lain terdapat di pinggir jalan arah Perumahan PLN, bahkan di lokasi yang jauh dari pemukiman warga Batam Center kian hari semakin menumpuk dan berhamburan. Tidak sedikit pula warga yang membuang sampah di lokasi tersebut menggunakan kendaraan mewah.

"Eh, bau sekali, apa tak ada tukang sampah yang mengambil sampai menumpuk dan bau seperti ini," kata Handita saat melintas di Pasar Mega Legenda menggunakan sepeda motor.

Warga perumahan Puri Legenda yang hampir setiap hari melewati jalan tersebut menambahkan, bau tidak sedap akibat tumpukan sampah tersebut sudah berlangsung lama dan tampak dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan dari pemerintah.

"Selain bau tidak sedap, kami menghawatirkan kesehatan, karena semakin lama di biarkan pemerintah semakin banyak pula lalat-lalat yang akan berterbangan ke rumah-rumah warga. Kan bisa jadi penyakit yang berbahaya," kata Handita.