Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ansar Hadiri Panen Lele Kube Permai Bersatu
Oleh : hrj/dd
Senin | 17-12-2012 | 13:57 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Bupati Bintan Ansar Ahmad menghadiri panen lele yang dibudidayakan oleh Kelompok USaha Bersama (Kube) Permai Bersatu belum lama ini, di Kelurahan Tanjungpermai, Kecamatan Seri Kuala Lobam.

Dalam kesempatan tersebut, Ansar mengatakan, dengan adanya panen lele oleh Kube tersebut berarti di daerah ini sudah ada embrio budidaya ikan lele yang kedepan diharapkan bisa lebih berkembang. Budidaya ikan lele oleh Kube ini, sebelumnya berawal dari 4 buah kolam dan pada saat ini telah terdapat 20 kolam yang dikelola oleh Kube.

"Embrio budidaya ikan lele sudah ada, kedepan kita usahakan untuk terus mendorong dan akan terus memberikan bantuan agar Kube ini terus berkembang," ujarnya.

Roby, ketua kelompok Cendrawasih yang tergabung di dalam Kube Permai Bersatu mengatakan, Kube ini dalam usahanya untuk mengembangkan usaha turut didukung oleh pihak Perumnas, dimana sekitar 1 hektar lahan telah dipinjamkan untuk pengembangan usaha budidaya ikan lele.

Dijelaskan kelompoknya kali ini berhasil memanen sekitar 1 ton ikan lele, dimana bibit dan pakan tersebut secara keseluruhan berasal dari  bantuan pemerintah yang turun pada Sepetember 2012 lalu. Diantaranya, bantuan yang sudah diberikan selain 4.000 bibit ikan lele beserta pakannya, selain itu bantuan lain yang telah diterima berupa mesin air dan serokan. 

Sementara itu, Zatoman Purba, ketua Kube Permai Bersatu kepada batamtoday,  Senin, (17/12/2012) mengatakan, sejumlah pembudidaya ikan lele yang terbagi beberapa kelompok, memang sudah berkali-kali melakukan panen lele di tempat yang sama. Untuk panen ikan lele dengan jumlah yang lumayan besar sudah dua kali yaitu sebanyak 2 kali, masing-masing sekitar 1 ton.

Dimana untuk hasil panen lele tersebut, katanya sampai sejuah ini masih dijual secara lokal yaitu di Tanjunguban. "Semoga kedepan, Kube ini bisa semakin maju dan berkembang, selain itu pemerintah juga diharapkan tetap memberikan perhatian dan dukungannya," harapnya.