Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minuman Manis Bisa Picu Hipertensi
Oleh : Andri Arianto/GSBS
Minggu | 13-03-2011 | 12:02 WIB

Batam, Batamtoday - Ternyata, kebiasaan mengkonsumsi minuman yang manis juga dapat menjadi faktor pemicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Demikian sebuah penelitian terbaru di Inggris yang diumumkan.

Lalu, berapa batas asupan minuman manis yang dianjurkan ahli kesehatan?

Minuman seperti softdrink dan minuman buah dikatakan berhubungan dengan risiko tinggi hipertensi pada orang dewasa. Namun kenapa hal ini bisa terjadi masih belum diketahui. Peneliti menduga hal ini ada hubungannya dengan kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat pada minuman tersebut.

Peneliti menemukan bahwa dari setiap sajian minuman manis (355 ml) per hari, seseorang dapat mengalami peningkatan tekanan darah yang signifikan baik pada sistol maupun diastol (+1,6 dan +0,8). Dan tentunya kondisi ini akan semakin diperparah apabila orang tersebut juga mengkonsumsi sodium (garam, MSG) dalam kadar yang cukup tinggi.

Sebelum diketahui sebagai penyebab hipertensi, minuman manis juga sudah diketahui berkaitan erat dengan risiko diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Oleh karena itu, peneliti menganjurkan untuk membatasi konsumsinya dalam jumlah yang terbatas.

American Heart Association menganjurkan untuk membatasi konsumsi minuman manis hanya sampai 3 kaleng (1 kaleng 12 ounce atau 355 ml) per minggu bagi mereka yang per harinya memperoleh asupan 2.000 kalori dari makanan dan minuman.