Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

APBD 2013 Kepri Disahkan Rp 2,547 Triliun
Oleh : chr/dd
Sabtu | 15-12-2012 | 11:30 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - DPRD Provinsi Kepri akhirnya mengesahkan APBD 2013 Kepri sebesar Rp 2,547 triliun.

Ketua DPRD Kepri, Nur Syafriadi mengatakan, penambahan anggaran APBD 2013 Provinsi Kepri ini, terjadi dengan adanya penambahan dana cadangan, sebagaimana Perda Dana Cadangan yang sudah disahkan dengan asumsi total pencadangan dana Rp155 juta dalam melaksanakan kegiatan MTQ ke 25 tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Kepri serta alokasi dana untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 2015 mendatang.

"Atas dasar telah disahkannya Perda Dana Cadangan yang memploting sebagian dana dari APBD 2013 hingga APBD tahun ini mengalami penambahaan Rp 7 miliar," kata Nur, Jumat (14/12/2012) kemarin.

Kendati sebelum disetujui seluruh anggota DPRD, sempat melakukan  interupsi, terkait kekhawatiran akan dilakukanya evaluasi oleh Menteri Keuangan pada dana cadangan didalam APBD itu serta memprioritaskan pelaksanaan pembangunan Listrik Dompak. Namun akhirnya unsur pimpinan DPRD menyatakan jika ada evaluasi dan pemotongan, maka pembahasan untuk penyesuaian dana akan kembali dilaksanakan.

"Setelah ditetapkan dan ada evaluasi dan pemotongan di Mendagri, kita akan rapat kembali untuk menentukan mana yang lebih diprioritaskan untuk menyesuaikan anggaran yang diberikan," ujar Iskandarsyah menjawab interupsi anggota dewan.

Setelah seluruhnya setuju, pelaksanaan pengesahan Ranperda APBD Kepri 2013 kembali dilanjutkan dengan penandatanganan perda APBD yang dilakukan unsur Pimpinan DPRD Kepri  dan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo.

Soerya Respationo mengharapkan dengan disahkannya APBD 2013 Provinsi Kepri itu, sinergitas pemerintah, SKPD dan DPRD hendaknya terus terjaga, hingga pelaksanaan seluruh program pembangunan di Kepri 2013 dapat terealiasasi dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

”Diharapkan kepada seluruh SKPD untuk bisa merealisasikan seluruh program kegiatan yang akan dilaksanakan di APBD 2013 dengan baik dan transparan. Terutama program-program yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Sejumlah program yang sduah disepakati dalam APBD ini, tentunya terkait bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, pengentasan kemiskinan. Kemudian percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, mulai dari perikanan, pertanian dan perdagangan juga menjadi program yang harus terus dibenahi.

"Semoga dengan anggaran APBD Kepri 2013 sebesar Rp 2,547 triliun yang kita sahkan menjadi perda ini, dapat terserap dan dirasakan masyarakat langsung," tandasnya.