Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Raih Perhargaan Terbaik Ketiga Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2012
Oleh : si
Kamis | 13-12-2012 | 09:08 WIB
muhaimin-iskandar2.gif Honda-Batam

Menakertrans Muhaimin Iskandar

JAKARTA, batamtoday - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berhasil menyabet penghargaan terbaik ketiga Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) pada 2012, setelah DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.


Kepri dinilau berhasil melaksanakan pembangunan bidang ketenagakerjaan di wilayahnya sepanjang tahun 2012. Selain itu, Kepri juga menerima IPK terbaik dengan indikator utama kesempatan kerja. 

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan penilaian Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan merupakan acuan dasar untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan di daerah, bahan evaluasi kebijakan dan programketenagakerjaan daerah serta sarana pemicu (trigger) agar melaksanakan pembangunan ketenagakerjaan secara optimal.

“Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan ini dapat meningkatkan komitmen pemerintah daerah (Pemda) dalam Perencanaan Tenaga Kerja Daerah guna mendukung keberhasilanpembangunan ketenagakerjaan di Indonesia, “kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Muhaimin mengatakan index Pembangunan Ketenagakerjaan daerah akan disusun dengan memperhatikan berbagai indicator ketenagakerjaan diantaranya meliputi perencanaan tenaga kerja, penduduk dan tenaga kerja, kesempatan kerja, pelatihan dan kompetensi kerja.

“Selain itu indikator lainnya yang tak kalah penting adalah upaya peningkatan produktivitas tenaga kerja, pola hubungan industrial, kondisi linghkungan kerja, pengupahan dan kesejahteraan tenaga kerja dan jaminan sosial tenaga kerja,” kata Muhaimin.

Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan sektor ketenagakerjaan di Indonesia, pemerintah daerah dan instansi pembina sektor terkait diwajibkan menyusun perencanaan tenaga Kerja sebagai dasar penyusunan kebijakan, strategi dan program ketenagakerjaan yang berkesinambungan untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ( RPJMD) dan RPJM Nasional.

“Perencanaan tenaga kerja di tingkat pusat dan daerah harus dilakukan dengan serius, konsisten dan tepat sasaran . Dengan perencanaan yang baik maka akan tersedia tenaga kerja yang mampu melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di daerah setempat, “ kata Muhaimin.

“Nantinya, dengan perencanaan yang baik, penyediaan tenaga kerja akan lebih terarah terutama untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, baik milik pemerintahan maupun swasta. Penyiapan tenaga kerja akan diusahakan untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja formal di Indonesia, “ kata Muhaimin.

INDEKS PEMBANGUNAN KETENAGAKERJAAN TAHUN 2012 DAFTAR PEMERINTAH PROVINSI PENERIMA PENGHARGAAN

l. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Pertama diberikan kepada Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
2. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Kedua diberikan kepada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.
3. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Ketiga diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.
4. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Perencanaan Tenaga Kerja diberikan kepada Pemerintah Daerah Istimewa Y ogyakarta.
5. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Penduduk dan Tenaga Kerja diberikan kepada Pemerintah Daerah Istimewa Y ogyakarta.
6. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Kesempatan Kerja diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.
7. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Pelatihan dan Kompetensi Kerja diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.
8. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Produktivitas Tenaga Kerja diberikan kepada Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
9. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Hubungan Industrial diberikan kepada Pemerintah Provinsi Riau.
l0. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Kondisi Lingkungan Kerja diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
11. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator Utama Pengupahan dan Kesejahteraan Pekerja diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.
12. Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Indikator
Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja diberikan kepada Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota .Jakarta.