Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Natal dan Tahun Baru

Makanan dan Minuman Ilegal Mulai Banjiri Batam
Oleh : ali/dd
Selasa | 11-12-2012 | 14:03 WIB

BATAM, batamtoday - Makanan dan minuman ilegal mulai membanjiri Batam seiring dengan akan hadirnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2013.

Makanan berupa sembako dan minuman kaleng berbagai merk ini masuk ke Batam secara ilegal melalui berbagai pelabuhan 'tikus' seperti Jembatan II Barelang, Pasir Putih, Pantai Stress maupun Tanjung Sengkuang.

Informasi yang diperoleh di lapangan, bahwa untuk kebutuhan pokok seperti beras maupun gula dan minuman kaleng masuk melalui dermaga di kawasan Jembatan II Barelang. Diduga dermaga ini miilik jaringan sembako ilegal, Alay.

"Kemarin ada masuk beras dari luar melalui dermaga di kawasan Barelang," ujar Sopian, warga Batuaji yang beraktivitas di dermaga Jembatan II, Barelang, Selasa (11/12/2012).

Menurutnya khusus makanan dan sembako masuk dari Malaysia dan diangkut dengan menggunakan kapal kayu. Sementara untuk minuman, berasal dari negara yang sama, namun sebelumnya 'parkir' dulu di Karimun untuk dioplos di sebuah gudang yang disebutnya milik Kuantek.

Sejauh ini belum ada tindakan dari aparat berwenang mengenai hal ini, baik kepolisian, Bea dan Cukai maupun Balai POM Kepri.