Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pria yang Nekat Terjun dari KM Bukit Raya Ternyata TKI Deportasi
Oleh : chr/dd
Selasa | 11-12-2012 | 12:50 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Muhammad (30), pria yang nekat terjun dari KM Bukit Raya, ternyata adalah TKI deportasi yang akan dipulangkan Satuan Tugas Dinas Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang dari Tanjungpinang ke Pulau Jawa.

Kepala Desa Dendun, Azman membenarkan identitas dan status pria yang yang ditemukan sekarat itu berdasarkan pengakuan Muhammad.

"Pengakuanya di TKI, yang hendak dipulangkan Dinas Tenaga Kerja Tanjungpinang ke Jawa menggunakan Kapal Pelni, tetapi di tengah perjalanan dia melompat dari kapal karena tidak mau pulang," kata Azman.

Azman juga mengatakan, Muhammad ditemukan warganya dalam keadaan sekarat, setelah berenang puluhan mil dari laut lepas menuju tepi pantai. Saat ini, Muhammad sudah sadarkan diri dan sedang menerima perawatan dan bantuan dari warga sekitar.

"Kondisinya sudah membaik, dan saat ini sedang diajak bicara oleh warga. Namun belum mau berbicara banyak," ujar Azman lagi.

Rencananya, setelah Muhammad sehat, akan segera diserahkan ke Polsek Bintan Timur di Kijang guna dilakukan proses selanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram membenarkan adanya pemulangan TKI deportasi sebanyak 300 orang. Sedangkan mengenai kebenaran Muhammad adalah TKI, Juramadi belum mengetahui.

"Pemulangan memang ada, tapi apakah pria yang terjuan adalah TKI atau tidak kami belum tahu. Selain itu kalau penumpang sudah di dalam, tentu hal itu menjadi tanggung jawab nahkoda kapal," kata Juramadi.

Juramadi juga mengatakan kalau benar memang TKI dan polisi meminta bantuan Satgas Tenaga Kerja, maka pihaknya akan membantu untuk memulangkan kembali ke daerah asal.