Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Natal dan Tahun Baru

Disperindag Batam Klaim Harga Sembako Masih Normal
Oleh : ron/dd
Senin | 10-12-2012 | 13:49 WIB

BATAM, batamtoday - Jelang hari besar Natal dan Tahun Baru, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM (Disperindag dan ESDM) Kota Batam, Amsakar Ahmad mengatakan bahwa harga sembako di pasar masih normal.


Dijelaskan Amsakar, setiap sekali dalam tiga hari Dinaker melakukan pantauan di empar pasar yakni di Pasar Botania, Tos 3000, Mitra Raya dan Aviari.

"Harga jelang Natal dan Tahun Baru di empat pasar yg jadi objek peninjauan, tidak ada persoalan (kenaikan) di harga," katanya kepada wartawan di kantor Pemko Batam, Senin (10/12/2012).

Akan tetapi ada pengecualian harga tanaman keras yang dikirim dari luar Batam seperti wortel, kol dan sebagainya terjadi kenaikan harga karena adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian dan  Kementerian Perdagangan tentang pembatasan holtikultura.

"Pantauan harga untuk wortel lonjakan dari harga Rp 9 ribu menjadi 18 ribu per kilo. Kalau yang lain masih standar, ada beberapa komoditi menurun dan ada yang naik tapi masih batas normal," terang Amsakar.

Untuk menekan harga, pemerintah melakukan fungsinya dalam intervensi harga dengan melakukan operasi pasar dan menjual sembako murah.

"Pemerintah melakukan operasi pasar untuk menekan harga," ungkapnya.