Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ancam Boikot Produk Samsung di Batam

FSPMI Kepri Demo Solidaritas Atas PHK Massal PT SEIN di Bekasi
Oleh : ron/dd
Senin | 10-12-2012 | 11:15 WIB

BATAM, batamtoday - FSPMI Provinsi Kepri mengadakan aksi demo di Simpang Kabil, Senin (10/12/2012) mengecam tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak yang dilakukan oleh PT Samsung Elektronik Indonesia (SEIN) di Bekasi terhadap ratusan karyawannya.

Suprapto, Sekretaris Konsulat FSPMI cabang Batam selaku koordinator aksi mengatakan PT SEIN telah melakukan tindakan semena-mena mengangkangi SSK Disnaker Bekasi Pencatatan No 1372.CTT/250/XI/2012 pada Senin 5 November 2012.

"Sekitar seratusan karyawan di PHK dengan beragam alasan. Bagi karyawan outsourching karena tidak dibutuhkan lagi maka dipulangkan ke yayasan. Bagi karyawan kontrak diberikan uang pengganti masa kontrak yang padahal setelah diperiksa belum habis masa kontraknya. Sebagian besar anggota PUK FSPMI," terang Suprapto.

Selain itu, juga terjadi tindak kekerasan terhadap anggota FSMI yang akan menggelar demo di kawasan Lippo Cikarang oleh Masyarakat Bekasi Bergerak (MBB) pada tanggal 19 November 2012.

"Massa MMB memukul dan memaksa pendemo untuk melepaskan atribut dibawah ancaman senjata tajam. Hal tersebut merupakan tindakan melanggar hukum dan harus di proses secara hukum," ujarnya.

Pendemo menuntut agar aparat penjarakan pengusaha/manajemen yang anti serikat pekerja/serikat buruh. Pekerjakan kembali anggota dan pengurus PUK PT Samsung Electronik Indonesia dan tolak aksi premanisme untuk memberangus serikat pekerja/buruh.

"Manajemen PT SEI tidak menghormati NKRI maka harus angkat kaki. Kalau tuntutan tidak dipenuhi, kita akan boikot produk Samsung," tegasnya.