Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinilai Innovative

Empat Daerah Sabet Penghargaan IGA Award 2012
Oleh : si
Sabtu | 08-12-2012 | 15:43 WIB

JAKARTA, batamtoday  – Empat daerah dinyatakan sebagai pemenang Innovative Government Award atau IGA Award. Keempat daerah yang meraih IGA Award itu adalah Kota Tangerang, Kota Banda Aceh, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Ponorogo.



Penghargaan IGA Award diserahkan oleh Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni, mewakili Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, di Jakarta kemarin.

Menurut Diah, ada empat kategori dalam IGA Award. "Pertama, kategori tata kelola pemerintahaan. Kedua, pelayanan publik. Ketiga, pemberdayaan masyarakat. Keempat, peningkatan daya saing," kata Diah Anggraeni. 

Keempat pemenang, kata Diah, merupakan hasil saringan akhir yang dilakukan tim independen IGA Award yang dibentuk oleh Kementerian Dalam Negeri. Tahap pertama, tim menyaring dan mengaji 180 daerah. Dari 180 daerah yang dikaji, didapatlah 30 kabupaten dan kota. Setelah itu, disaring lagi menjadi 12 daerah.

"Setelah disaring, didapatlah 8 nominator unggulan IGA Award. Setelah dikaji lagi tahun 2012 ini, ada 4 pemenang IGA Award," katanya.

Menurut dia, penghargaan IGA Award adalah bentuk apresiasi terhadap daerah yang berhasil melakukan inovasi di daerahnya. Ia berharap pemenang IGA Award bisa menginspirasi daerah lainnya untuk lebih inovatif.

Bupati Sumedang, Don Murdono, mengatakan kerap kali kepala daerah yang hendak membuat sebuah inovasi atau terobosan, selalu was-was menyalahi aturan. Terlebih, banyak kepala daerah yang masuk penjara atau terjerat kasus karena kebijakan yang dikeluarkannya.

"Karena itu, sangat penting memahami utuh perundang-undangan," katanya.