Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paska Andi Malarengeng Mundur

Presiden Tunjuk Agung Laksono Ambil Alih Tugas Menpora
Oleh : si
Jum'at | 07-12-2012 | 14:32 WIB
Agung_Laksono.jpg Honda-Batam

Agung Laksono

JAKARTA, batamtoday - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum menunjuk pejabat Menpora baru sebagai pengganti Andi Mallarangeng. Untuk sementara, tugas-tugas Menpora akan diambil alih oleh Menko Kesra Agung Laksono.



"Sebelum saya mengangkat menteri pemuda dan yang definitif saya menugasi Menkokesra untuk menjalani tugas sebagai Menpora," ujar SBY saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (7/12/2012).

Dalam kesempatan itu, SBY juga menyampaikan alasan pengunduran diri Andi dan kronologi kabar pencegahan ke luar negeri dari KPK.

Sebelumnya, Andi sudah bertemu dengan Presiden SBY dan Wapres Boediono di Istana Negara. Pertemuan itu untuk mengajukan permohonan pengunduran diri Andi dari kursi Menpora.

Setelah menemui Presiden dan Wapres, Andi bergegas menuju kantornya di Gedung Kemenpora. Di situlah Andi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai menteri.

Menpora telah berstatus sebagai tersangka sejak 3 Desember 2012. Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat itu dijerat dengan pasal penyalahgunaan wewenang dan upaya memperkaya diri sendiri.

Sementara itu, Menko Kesra Agung Laksono  menyatakan siap untuk mengambi alih tugas Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, jika ditugasi Presiden.

"Mudah-mudahan kita segera ambil langkah-langkah supaya tidak menggangu kinerja Kemenpora," ujar Agung.

Namun Agung belum mendapat perintah resmi Presiden untuk menjalankan tugas Menpora, sebagai kementerian yang berada di bawah koordinasi Kesejateraan Rakyat.

Agung mengatakan, bisa saja Presiden segera menunjuk langsung menteri pengganti Andi. "Atau menunjuk pejabat baru, nanti itu semua dibahas oleh Presiden," kata Agung.