Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kanker Usus Bisa Dideteksi Lewat Napas
Oleh : dd/mdk
Jum'at | 07-12-2012 | 11:46 WIB

BARI, batamtoday - Para ilmuwan tengah mengembangkan tes napas yang ditengarai mampu mendeteksi kanker usus secara akurat. Dikatakan bahwa hasil tes ini 76 persen akurat.

Kanker usus adalah jenis kanker nomor tiga teratas yang banyak menjangkiti manusia. Sekitar 72 persen kanker ini menyerang orang yang berusia 65 tahun ke atas. Dua pertiga tumor biasanya ditemukan dalam usus besar, sementara sepertiga lainnya pada rektum.

Tumor kanker diketahui memiliki metabolisme yang berbeda dengan sel normal dan mengeluarkan volatile organic cimpound (VOC), zat kimia yang bisa dideteksi melalui napas. Biasanya zat kimia ini tidak terdapat pada napas orang normal.

Dr Donato Altomare dari University Aldo Moro of Bari mengumpulkan napas dari 37 pasien dengan kanker usus dan 41 orang sehat. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien kanker mengandung vOC yang berbeda dengan orang normal.

"Teknik tes napas ini sangat mudah dan tidak berbahaya, meski begitu tes ini masih dalam tahap awal pengembangan," jelas Dr Altomare, seperti dilansir oleh Daily Mail (5/12/2012).

Peneliti beranggapan bahwa metode ini bisa digunakan sebagai metode screening kanker di masa depan. Tak hanya melihat kemungkinan kanker, tes ini juga bisa mengetahui apakah kanker tumbuh lagi pada pasien yang sudah sembuh.

Saat ini peneliti juga mengembangkan tes napas untuk penyakit lain, seperti diabetes, tuberculosis (TBC) dan jenis kanker lainnya.